Libur Imlek, Fokus Pengamanan Polres Cilegon di Pelabuhan Merak dan Jalur Wisata

CILEGON – Selama libur hari raya Imlek, Polres Cilegon akan memfokuskan pengamanan di Pelabuhan Merak dan jalur pariwisata di sekitar Kota Cilegon.

Kapolres Cilegon AKBP Raden Romdhon Natakusuma menjelaskan, berbagai potensi ancaman kamtibmas harus terus diantisipasi. Antara lain berupa aksi terorisme, aksi premanisme dan berbagai kejahatan konvensional lainnya.

“Jalur wisata pantai yang pada saat libur panjang seperti sekarang ini banyak dipadati wisatawan sehingga memerlukan pengamanan yang maksimal. Khususnya pada jalur lalu lintas yang rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,” ujarnya saat apel gelar pasukan pengamanan liburan tahun baru Imlek 2018 yang berlangsung di lapangan apel Polres Cilegon, Kamis (15/2) sekir pukul 16.25 Wib.

Romdhon menjelaskan apel gelar pasukan ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan personel, sarana prasarana dan sinergitas dalam penyamaan pola tindak kegiatan dalam pengamanan libur panjang tahun baru imlek 2018 yang akan dilaksanakan mulai hari ini sampai dengan hari minggu tanggal 18 Februari 2018.

“Peran sinergitas polri, TNI dan instansi terkait sangat berpengaruh dalam kelancaran pelaksanaan pengamanan libur tahun baru imlek yang akan kita laksanakan bersama,” ujarnya

Jajaran kepolisian Polres Cilegon pun akan menggelar Operasi Bina Kusuma I Kalimaya 2018 yang pelaksanaannya dimulai nanti malam pukul 00.00 Wib. Operasi ini akan terus dilakukan sampai 20 hari kedepan.

Romdhon mengatakan sasaran dari operasi tersebut untuk mencegah dan menindak premanisme, kenalakan remaja, kekerasan dalam rumah tangga, dan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Serta konflik sosial dan penyakit masyarakat.

“Operasi ini mengedepankan kegiatan preemtif dan freventif guna menciptakan stabilitas kamtibmas yang mantap, dinamis dan kondusif di wilayah hukum Polres Cilegon,” katanya.  (Riko Budi Santoso/rikosabita@gmail.com)