TANGERANG –  Lalu lintas pada libur tahun baru Imlek ditambah liburan akhir pekan di Tol Tangerang – Merak (Tamer) diprediksi mengalami peningkatan dari rata-rata harian yaitu mencapai 120 ribuan kendaraan per hari atau naik 4,47% dari 118 ribu kendaraan.

Mengantisipasi jika terjadi lonjakan kendaraan, ASTRA Tol Tamer
menyiapkan manajemen lalu lintas yang bersifat situasional sesuai dengan situasi dan kondisi.

“Manajemen lalu lintas ini bersifat situasional. Jika terjadi kepadatan lalu lintas di Akses Cilegon Barat, maka dimungkinkan untuk dilakukan manajemen lalu lintas dengan cara mengalihkan kendaraan dari atau menuju ke arah Anyer melalui Gerbang Tol Merak,” kata Rakhmatullah Manajer Lalu Lintas dan Informasi Operasional (PLL & IO) PT Marga Mandalawangi dalam siaran pers, Jumat (16/2).

Rakhmatullah menjelaskan, kecenderungan tren lalu lintas liburan kali ini diprediksi akan dipadati oleh pengguna jalan yang akan menuju Anyer dengan lebih memilih rute melalui Gerbang Tol Cilegon Timur kemudian melalui Jalan Lingkar Selatan Cilegon.

Untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang menuju Anyer, lanjut dia, ASTRA Tol Tamer siaga untuk membuka Gerbang Tol Keluar Cilegon Timur sebagai prioritas guna antisipasi terjadinya penumpukan kendaraan di depan gerbang tol.

Berkaitan dengan pekerjaan penambahan lajur ke-empat yang dimulai dari Cikupa KM 31+900 hingga Balaraja KM 39+200, dari sebelumnya 3 lajur menjadi 4 lajur, dipastikan pekerjaan tersebut tidak akan mengganggu operasional jalan.

“Kondisi jalur dan marka jalan Ruas Tol Tangerang-Merak semuanya dalam kondisi baik. Meskipun terdapat pekerjaan penambahan lajur Ruas Cikupa-Balaraja, hal ini tidak mempengaruhi operasional jalan. Dapat kami pastikan semua jalur tetap bisa dilalui dengan lancar, aman dan nyaman,” kata Direktur Teknik dan Operasi Sunarto Sastrowiyoto PT Marga Mandalasakti.

Meski demikian, kata Sunarto, pihaknya mengharapkan pengguna jalan tetap berhati-hati dan waspada pada area pekerjaan, agar tercipta kelancaran, keamanan dan kenyamanan saat berkendara di Tol Tangerang-Merak. (Aas Arbi)