Liburan Raja Salman di Bali Jadi Ajang Napak Tilas Pangeran

Pangeran Fahad Bin Faisal al-Saud saat berpose bersama temannya di Pura Tirtha Empul di Ubud, Gianyar, Bali. Foto: Instagram/yolofahad

RAJA Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud beserta keluarganya tengah menikmati masa liburan di Bali. Sejak Jumat (4/3), raja berjuluk Penjaga Dua Kota Suci Islam itu menginap di St Regis Hotel, kawasan Nusa Dua.

Tapi, yang bikin heboh ternyata bukan hanya kunjungan Raja Salman. Sebelumnya, salah seorang pangeran Kerajaan Saudi, Fahad Bin Faisal al-Saud, juga jadi perbincangan karena dia sempat berlibur ke Bali pada akhir tahun 2016 lalu.

“Ini bagaikan napak tilas liburan beliau (Pangeran Fahad, Red). Di momen pergantian tahun lalu, Pangeran Fahad menghabiskan liburan di Pura Tirtha Empul, Tampaksiring, Gianyar, Bali,” terang Kepala Dinas Pariwisata Bali, A.A Gede Yuniartha Putra.

Pangeran yang satu ini sangat gaul. Gayanya tak jauh beda dengan Presiden Joko Widodo yang sempat membuat video blog bersama Raja Salman.

Fahad lantas mengunggah fotonya saat merayakan pergantian tahun 2016 di Bali itu ke jejaring sosial Instagram. Melalui @yolofahad di Instagram, Fahad memajang fotonya saat mengunjungi sebuah candi di Ubud, Bali.

“Powerful moments with the #balitribe,” tulis Pangeran Fahad di keterangan foto tersebut. Dia terlihat bersarung dan mengenakan singlet.

Alhasil, dalam waktu singkat, pangeran yang sempat bekerja di Facebook itu langsung menuai respons netizen. Sebagian besar respons netizen memang positif.

“Banyak respons positif. Dampak postingan Pangeran Fahad sangat besar bagi pariwisata Bali lantaran akun Instagram-nya di-follow 977 ribu netizen. Hampir satu juta orang dari berbagai penjuru dunia,” tambah Yuniartha.

Komentar Pangeran Fahad memang sangat mengangkat Bali. Ratusan ribu follower-nya sukses dibuat penasaran oleh salah satu pura yang masyhur di Bali itu. Dan tak sedikit pula yang menanyakan lokasi pura yang menyimpan bangunan bersejarah lainnya.

Tak hanya foto, Pangeran Fahad juga mengunggah rekaman video yang memperlihatkan sejumlah orang tengah melakoni ritual mandi air suci di Pura Tirtha Empul. Kesan yang terasa, Pangeran Kerajaan Saudi yang satu ini sangat menghargai budaya Bali.

“Blessings and salutations #healingwaters,” tulis Fahad dalam keterangan di video tersebut.

Menurut Menpar Arief Yahya, postingan Pangeran Fahad itu semakin memperkuat Bali. Gara-gara sejumlah postingan tadi, nama Pura Tirtha Empul di Bali kembali menghentak dunia.

“Terima kasih Pangeran Fahad. Pura Tirtha Empul Bali makin mendunia!” sebut menteri asal Banyuwangi itu. (JPG)