Liburan Tahun Baru, Telkomsel Area Jabotabek Jabar Siagakan 24 Mobile BTS

JAKARTA – Memasuki periode akhir tahun yang akan dibarengi dengan momen libur Natal dan pergantian tahun, Telkomsel wilayah operasional Area Jabotabek Jabar menyiapkan langkah antisipasi menghadapi lonjakan trafik komunikasi yang kini di dominasi dengan semakin tingginya utilisasi akses layanan seluler berbasis broadband, terutama di beberapa kota dengan jumlah pengguna layanan data yang cukup besar, seperti Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Bandung.

Langkah antisipasi awal yang dipersiapkan Telkomsel Area Jabotabek Jabar antara lain dengan melakukan identifikasi sekitar 142 lokasi yang diprediksi setiap tahunnya selalu menjadi titik pusat keramaian masyarakat dalam memanfaatkan momen libur Natal dan tahun baru, seperti tempat beribadah, pusat perbelanjaan baik modern maupun pasar tradisional, alun-alun kota, destinasi wisata dan hiburan, hingga titik transit massa seperti pelabuhan, stasiun kereta, terminal dan bandar udara.

“Telkomsel secara konsisten selalu melakukan antisipasi dalam menghadapi sejumlah momen yang diprediksi akan mendorong peningkatan trafik layanan komunikasi seluler, seperti jelang hari raya keagamaan dan liburan akhir tahun. Setelah sukses mengawal periode Hari Raya Idul Fitri beberapa waktu lalu, kini Telkomsel juga memastikan kesiapan jaringan di sejumlah titik keramaian, terutama menjamin kenyamanan pengalaman akses layanan broadband para pelanggan dalam mengabadikan momen libur Natal dan pergantian tahun,” kata Vice President ICT & Network Management Area Jabotabek Jabar Telkomsel Juanita Erawati dikutip dari siaran pers.

Selain memaksimalkan BTS yang sudah menjangkau 142 titik pusat keramaian, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga telah menyiagakan tambahan 24 Compact Mobile BTS (COMBAT) yang difokuskan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi seluler, baik secara kualitas maupun kapasitas layanan. Seluruh COMBAT yang telah beroperasi sejak awal bulan Desember 2017 ini pun juga sudah dilengkapi fasilitas layanan broadband berkecepatan tinggi berteknologi 4G LTE.

Juanita menambahkan, Telkomsel Area Jabotabek Jabar juga  telah memprioritaskan pengamanan jaringan dengan melakukan optimalisasi jaringan 3G dan 4G di sejumlah lokasi destinasi wisata yang diprediksi akan mengalami lonjakan kunjungan massa saat momen pergantian tahun, antara lain Taman Impian Jaya Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (Jakarta), Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Botani Square (Bogor), dan Pantai Pangandaran (Kabupaten Pangandaran), serta kawasan pusat perbelanjaan modern seperti Bundaran Kelapa Gading Jakarta, Depok Town Square, Mall Living World Alam Sutera, Paskal 23 Bandung.

Dalam kaitan itu, Direktur Network Telkomsel Bob Apriawan memastikan, Telkomsel telah meningkatkan kualitas dan menambah kapasitas jaringan untuk memastikan kondisi jaringan tetap prima sehingga pelanggan selalu nyaman berkomunikasi selama menikmati liburan Natal dan tahun baru, bahkan pada kondisi trafik paling padat sekalipun.

“Kami juga secara rutin melakukan uji jaringan, baik dalam kondisi bergerak maupun tidak bergerak, untuk menjamin kelancaran penggunaan layanan data yang biasanya dimanfaatkan pelanggan untuk mengunggah foto atau video aktivitas pergantian tahun melalui perangkatnya,” katanya.

Pada puncak periode Natal dan tahun baru kali ini, trafik layanan data atau payload di wilayah operasional Area Jabotabek Jabar diperkirakan meningkat 32% dibandingkan hari biasa. Umumnya pada periode ini layanan data digunakan pelanggan untuk menyaksikan video dan mendengarkan musik secara streaming, bermain online games, maupun berinteraksi di aplikasi pesan instan dan media sosial. Berbanding terbalik dengan layanan data yang semakin tumbuh, trafik layanan suara diperkirakan cenderung menurun seiring dengan tingginya adopsi pelanggan terhadap layanan berbasis broadband dan digital di wilayah Telkomsel Area Jabotabek Jabar.

Dari sisi pelayanan pelanggan, Telkomsel telah menyiagakan 63 Mobile GraPARI (MoGi) dan  yang akan membantu memenuhi kebutuhan pembelian kartu perdana, layanan isi ulang pulsa, aktivasi berbagai layanan broadband dan digital. Selain itu, sekitar 39 Telkomsel Distribution Center (TDC) yang dikelola oleh Mitra Authorized Dealer (AD) Telkomsel juga akan tetap beroperasi secara normal untuk memastikan ketersediaan produk Telkomsel tetap bisa terdistribusi untuk outlet reseller di wilayah operasional Telkomsel Area Jabotabek Jabar. (Aas)