Liburan Tahun Baru, Tingkat Hunian Hotel Anyer-Cinangka Ditarget 85 Persen

0
414 views

SERANG – Tingkat hunian hotel di Anyar-Cinangka untuk liburan Tahun Baru hingga kemarin baru 60 persen. Pemkab Serang menargetkan tingkat hunian hotel di kawasan wisata bahari itu bisa mencapai 85 persen. Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri usai meninjau posko pengamanan Natal dan Tahun Baru di kawasan wisata Anyar-Cinangka, Kecamatan Anyar Senin (30/12). “Saya mendengar per hari ini (kemarin-red) cakupan kunjungan di hotel-hotel itu sudah 60 persen. Kita harapkan ya bisa terlampaui di angka 85 persen,” harap Entus.

Menurut mantan Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) itu, target hunian hotel dapat dicapai karena puncak kunjungan wisatawan diprediksi akan terjadi pada malam pergantian Tahun Baru. “Kita harapkan pada tanggal satu Januari, masyarakat luar tidak perlu takut atau rugi ke Anyar-Cinangka. Insya Allah Pantai Anyar aman,” tegasnya.

Menanggapi rilis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) bahwa terjadi erupsi Gunung Anak Krakatau (GAK), dipastikan Entus, erupsi GAK tidak membahayakan seperti tahun lalu. Karena itu, Entus mengimbau, masyarakat jangan mudah percaya dengan informasi di media sosial (medsos) yang belum tentu kebenarannya.

“Karena belum ada informasi resmi dari PVMBG yang menyatakan akan terjadi letusan Gunung Anak Krakatau. Sekarang masih kondisi normal. Kalau kewaspadaan biasa, tapi jangan mendekati pusat kawah GAK,” imbaunya.

Diungkapkan Entus, pihaknya sudah menerjunkan personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Dinas Perhubungan (Dishub) untuk membantu pengamanan Tahun Baru bersama TNI-Polri. “Menjelang pergantian Tahun Baru kita pastikan kembali seluruh perangkat, baik personel maupun perlengkapan yang dibutuhkan ketersediaannya supaya betul-betul memadai,” tandasnya.

Sementara Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Serang Suherman membenarkan, hunian hotel di Anyer-Cinangka sudah mencapai 60 persen. Ia berharap, pada puncak liburan wisatawan meningkat. “Mudah-mudahan bertambah bisa sampai lebih dari 80 persen. Karena saat ini terlihat ramai pengunjung pantai saja. Kalau hunian hotel baru 60 persen,” harapnya. (jek/zai/ags)