Lifeguard Siaga 24 Jam Awasi Wisata Anyar-Cinangka

SERANG – Pemerintah Kabupaten Serang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan 15 personel untuk siaga 24 jam di kawasan wisata Anyar-Cinangka. Diperkirakan puncak peningkatan wisatawan pada libur Tahun Baru terjadi 1 Januari 2020.

Komandan Regu Pos BPBD Kabupaten Serang wilayah Anyar Rifki Suheryadi mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan tim beserta peralatan seperti perahu karet dan pelampung di Pos BPBD Wilayah Anyar. “Kami siaga 24 jam untuk awasi kawasan wisata di Anyar dan Cinangka,” kata Rifki kepada Radar Banten, Senin (30/12).

Dijelaskan Rifki, pengawasan wisatawan di kawasan Anyar-Cinangka menggunakan sistem penjadwalan. Setiap hari dijaga lima personel yang stand by di pos BPBD Kabupaten Serang. “Kami pastikan keamanan dan kenyaman wisatawan tetap terjaga,” katanya.

Kata Rifki, setiap hari kelima personel rutin melakukan penyisiran ke seluruh kawasan wisata pantai di Anyar hingga Cinangka. Pihaknya juga dibantu Polisi Perairan (Polair) Polda Banten, Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas), Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) dan lifeguard untuk mengawasi pantai yang menjadi objek wisatawan bermain air di pantai. “Setiap tahun kita bersinergi dengan banyak pihak,” katanya.

Rifki mengaku, saat ini pihaknya sedang melakukan pembugaran tubuh dengan rutin latihan setiap sore menjaga stamina untuk persiapan pengamanan wisatawan nanti. “Latihan sederhana saja, yang penting badan tetap sehat,” katanya.                     

Kepala Pelaksana Harian BPBD Kabupaten Serang Nana Sukmana Kusuma menambahkan, pihaknya akan memberikan pelayanan terbaik kepada para wisatawan di kawasan wisata Pantai Anyar-Cinagka. “Tim SAR kami sudah terlatih dan siap melakukan pengamanan wisatawan,” jelasnya.

Camat Cinangka Deni Firdaus mengaku, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan unsur pimpinan kecamatan Cinangka dan sejumlah tokoh pemuda untuk ikut menjaga dan mengamankan kawasan wisata pantai. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, kami pasti memantau dan memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung,” pungkasnya. (mg06/air/ags)