Lifter Banten Muhammad Nandy mengikuti tes angkatan di Sasana Bulldog Gym, Perumahan RSS Pemada, Cipocokjaya, Kota Serang, Senin (8/1) sore.

SERANG-Dua lifter angkat besi Banten yang tergabung dalam program Pelatda Jangka Panjang (PJP) KONI Banten, yakni Abdul Aziz dan Muhammad Nandy, menjalani tes angkatan. Selain dua lifter Banten tersebut, tes angkatan yang dilaksnakan di Sasana Bulldog Gym, Perumahan RSS Pemada, Cipocokjaya, Kota Serang, Senin (8/1) sore, juga diikuti beberapa lifter angkat besi Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Banten seperti Rizky Juniansyah dan Alif Wildan Hanaf.

Pelatih Angkat Besi Banten Mohammad Yasin mengatakan, tes angkatan yang dilakukan terhadap atlet semata-mata untuk memantau performa jelang memasuki program latihan 2018. “Biasanya kan tes angkatan dilakukan jelang kompetisi bergulir. Kali ini bukan untuk menghadapi kompetisi, tapi menyiapkan program. Kita harus tahu prospek masing-masing atlet sebagai acuan program berikutnya,” kata Yasin kepada Radar Banten di sela memimpin tes angkatan di Sasana Bulldog Gym, Perumahan RSS Pemada, Cipocokjaya, Kota Serang, Senin (8/1) sore.

Mantan lifter nasional itu menambahkan, atlet yang menjalani tes angkatan tidak ditekankan untuk melakukan angkatan melampaui angkatan terbaiknya. Tes ini hanya bersifat pemantauan performa secara keseluruhan. “Jadi, tidak hanya melihat jumlah angkatan saja, tapi juga stamina dan lainnya. Masing-masing atlet kan sudah punya catatan angkatan terbaiknya, tinggal diuji secara periodik saja,” terang peraih medali emas SEA Games 1990 itu.

Melihat performa atlet saat ini, lanjutnya, khususnya untuk dua atlet yang tergabung dalam program Pelatda Jangka Panjang KONI Banten, yaitu Abdul Aziz dan Muhammad Nandy, pihaknya memiliki optimistis tinggi akan prestasi di PON XX Papua 2020.

“Saya harap puncak prestasi keduanya terjadi pada saat PON XX Papua 2020. Potensinya sudah terlihat jelas dan kami tinggal memupuk dan menjaganya dengan menjalani latihan intensif dengan program-program terbaik,” tutur Yasin.

Ketua Umum Pengprov Pabbsi Banten Arsyad Hussein menyatakan, dengan konsistensi latihan yang dijalani atlet, ia yakin akan ada prestasi yang mampu dipersembahkan cabor angkat besi untuk kontingen Banten pada PON XX Papua 2020.

“Potensi itu (medali-red) sudah terlihat jelas. Kita hanya butuh pembinaan rutin saja untuk menjaga performa atlet. Kami sangat bersyukur dengan adanya KONI Banten menggulirkan program Pelatda Jangka Panjang. Program ini sangat membantu peningkatan kualitas dan prestasi atlet kami,” ucapnya singkat. (Andre AP)

BAGIKAN