Liga 2 2019: Persita Bertekad Libas PSGC Ciamis

Penggawa Persita Tangerang memperkuat strategi pertahanan pada latihan rutin di Stadion Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Senin (18/3).

TANGERANG – Persita Tangerang bertekad melibas PSGC Ciamis dalam laga pembuka Liga 2 Indonesia. Tekad anak asuh Widodo Cahyono Putro itu bakal dibuktikan saat bertamu di markas PSGC Ciamis, Minggu (23/6).

Namun, Widodo tetap mengingatkan anak asuhnya untuk bermain hati-hati. Klub berjuluk Pendekar Cisadane itu akan memperkuat sistem pertahanan. “Tujuan Persita untuk promosi ke Liga 1. Harus menjadi juara (di kompetisi Liga 2-red) untuk bisa mendapatkan itu. (Menghadapi PSGC Ciamis-red) salah satu persiapannya soal chemistry antarpemain dalam menggalang pertahanan,” kata Widodo, Kamis (13/6).

Untuk itu, kata Widodo, pemain dilatih agar bisa menerapkan pola dan skema pertahanan sesuai dengan kondisi di lapangan. Pertahanan disorot lantaran masih menciptakan sedikit celah saat transisi dari menyerang ke bertahan. “Sementara kalau untuk bertahan tidak semua pemain yang memiliki kemampuan bertahan yang baik, karena butuh kolektivitas dan kekompakan. Itu yang kita siapkan agar pemain bisa otomatis dan berimprovisasi di lapangan,” kata Widodo. “Tapi, hanya tinggal sedikit saja, kalau terus dilatih saya yakin beberapa hari ini celah itu sudah semakin kecil terjadi. Intinya adalah koordinasi dan komunikasi untuk mengisi ruang yang ada saat transisi,” sambungya.

Asisten pelatih fisik Persita Hendra Mukhtar Hasibuan mengatakan, usai menjalani libur Lebaran para pemain masih berusaha untuk mengembalikan kemampuan fisiknya. Meski lebih banyak dengan materi latihan ringan, tetapi intensitas latihan ditingkatkan. “Kondisi fisik pemain pasti mengalami perubahan setelah libur Lebaran, ini yang kami sedang usahakan kembalikan seperti sebelum puasa. Setelah fisik kembali normal baru materi latihan masuk pada taktikal dan teknik pertandingan yang jadi ranah head coach (pelatih kepala-red),” kata Hendra. (rbs/nda/ira)