Atlet catur junior Banten bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam kompetisi Liga Catur Junior Banten 2018 yang dilangsungkan di aula sekretariat KONI Banten, Karundang, Cipocok Jaya, Kota Serang, Minggu (7/1).

SERANG – Atlet catur junior Kabupaten Tangerang menunjukkan dominasinya pada Liga Catur Junior Banten 2018 Putaran IV. Itu setelah atlet putra dan putri Kabupaten Tangerang sukses keluar sebagai juara di kategori A pada pertandingan yang dilangsungkan di aula sekretariat KONI Banten, Karundang, Cipocokjaya, Kota Serang, Minggu (7/1).

Pada kategori putra A, Julio Diaz (Kabuaten Tangerang) menjadi juara setelah meraih nilai tiga dari empat kali bertanding. Di peringkat kedua ditempati Agus Sugiarto (Kota Serang) yang juga mengemas nilai tiga namun kalah nilai bidak delapan. Sedangkan peringkat ketiga direbut Axel Stephen Handoko (Kota Tangerang Selatan) dengan nilai tiga, tapi kalah nilai bidak enam.

Pada kategori putri A, Nuraini Rasyid (Kabupaten Tangerang) menjadi yang terbaik dengan meraih poin 3,5 dari empat kali bermain dengan nilai bidak 7,5. Posisi runner up ditempati Ratnasari (Kota Serang) dengan nilai tiga dengan nilai bidak 11. Sedangkan peringkat ketiga jadi milik Devina dengan nilai tiga dengan nilai bidak sembilan.

Namum hingga putaran IV, klasemen sementara kategori putra A masih ditempati Axel Stephen Handoko (Kota Tangerang Selatan) dengan total nilai 29. Sedangkan kategori putri A masih ditempati Ratnasari (Kota Serang) dengan total nilai 26.

Tak hanya itu, pada putaran keempat ini ada empat pecatur putra dan putri yang terdegradasi ke kategori B putra dan putri. Yang tereleminasi ke kategori putra-putri B ini adalah peringkat sembilan sampai 12. Sedangkan yang promosi ke kategori A putra-putri adalah peringkat pertama hingga peringkat keempat.

Pelatih Catur Kabupaten Tangerang, Dudi Dermawan mengaku gembira dengan performa apik pecaturnya tersebut. “Alhamdulillah, di putaran keempat ini atlet-atlet kami sukses menjadi juara. Kami berharap hasil ini dapat memotivasi untuk menghadapi putaran kelima nanti,” kata Dudi kepada awak media usai pengumuman juara.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Banten Edy Irianto menjelaskan, Liga Catur Junior Banten ini sebagai wadah pembinaan sekaligus menjaring atlet-atlet catur andalan untuk Banten di masa yang akan datang. “Melalui ajang ini kita ingin meraih prestasi untuk Banten cemerlang di PON XX Papua 2020. Karena pada PON IX Jawa Barat 2016 cabor catur gagal menyumbangkan medali untuk Banten. Kami ingin kembali menjaga tradisi selalu meraih medali di ajang PON,” ucapnya. (Andre AP/RBG)

BAGIKAN