Lima Atlet Banten Diganjar Status ASN

Aris Apriyansah, atlet paralayang Banten yang mempersembahkan medali emas Asian Games 2018. Aris tersenyum usai dilantik menjadi aparatur sipil negara (ASN) di Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Selasa (2/4).

SERANG – Lima atlet Banten resmi berstatus aparatur sipil negara (ASN). Kelimanya langsung dilantik oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi, di Kantor Kemenpora Senayan, Jakarta, Selasa (2/4). Status ASN itu merupakan ganjaran prestasi di Sea Games 2017 dan Asian Games 2018.

Lima atlet itu, yakni Aris Apriansyah atlet paralayang, Rossi Amir atlet ski air, Rajiah Salsabila atlet panjat tebing, Since Lithasova Yom atlet dayung, dan Muhammad Fajar atlet dayung. Lima atlet tersebut dilantik ASN bersamaan dengan dari 281 atlet dari seluruh Indonesia.

Kelimanya merupakan penyumbang medali untuk Indonesia pada ajang internasional tersebut. Aris Apriyansah, misalnya, sebagai penyumbang medali emas pada Asian Games 2018 lalu dari cabang olahraga (cabor) paralayang, nomor ketepatan mendarat (KTM) beregu putra. Lalu,Rajiah Salsabilla peraih medali emas dari cabor panjat tebing nomor speed relay beregu putri.

Kemudian, M Fajar meraih medali perak dan perunggu dari cabor dayung nomor kano traditional boat race (TBR) dan Since meraih perak dayung nomor kano TBR 200 meter putri.

Sementara, Rossi Amir merupakan penyumbang perak cabor ski air nomor jumping pada SEA Games 2017 di Malaysia. Kelima atlet ini juga sempat diberi penghargaan dari Pemprov Banten yang diserahkan melalui KONI Banten.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional (KONI) Banten Rumiah Kartoredjo menyambut gembira atas pelantikan kelima atlet Banten tersebut. Dia berharap kelima atlet tersebut tetap berlatih serius, meski sudah menjadi ASN.

“Selamat untuk lima patriot Banten yang dilantik jadi PNS. Jadikan ini penyemangat untuk terus menorehkan prestasi. Penghargaan ini hasil keja keras mereka yang telah membawa harum Indonesia,” kata Rumiah.

Sekretaris Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kota Tangerang Arsani Maidi mengucapkan terima kasih kepada pemerintah lantaran telah memberi perhatian terhadap atlet Banten. “Rajiah telah menerima SK PNS dari Kemenpora dan akan ditempatkan di Dispora Provinsi Banten. Semoga ini menjadi motivasi semua atlet Kota Tangerang ke depannya untuk terus giat berlatih merebut prestasi,” jelas Arsani. (rbs/nda)