Lima Kiat Singkirkan Lemak Pinggang yang Bandel

LEMAK pinggang dan perut Anda terasa mengganggu? Ya, kondisi yang kerap disebut belly fat ini memang mesti dipangkas dari sekarang. Bagaimana tidak, hal tersebut nyatanya tak hanya mengganjal aktivitas fisik, tetapi juga berbahaya bagi organ-organ dalam tubuh Anda.

Menurut dr. Alberta Jesslyn dari KlikDokter, penyebab menumpuknya lemak pinggang ini beragam. “Bisa karena usia, jarang berolahraga, kurang tidur, stres, bahkan genetik,” katanya.

Jika Anda merasa lemak pinggang sudah menimbun, segeralah lakukan cara untuk memberantasnya. Pasalnya, ada berbagai gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat lemak yang berlebih di area pinggang, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, kanker kolorektal, dan gangguan tidur.

Bagaimana cara menghilangkan lemak pinggang yang mengganggu ini? Dilansir Prevention, simak 5 cara ampuhnya sebagai berikut:

  1. Latihan kardio dengan intensitas tinggi

Latihan kardio yang intens seperti lari, bersepeda, hingga berenang adalah cara yang efektif untuk membakar kalori sekaligus mengurangi lemak pinggang. Jenis-jenis olahraga tersebut bisa dibilang efektif, meskipun perlu dibarengi juga dengan pola hidup sehat lain.

2. Kuatkan otot-otot dengan dumbbell atau barbel

Memompa otot-otot juga baik untuk membangun tubuh yang lebih proporsional. Itu karena strength training (latihan kekuatan) dapat meningkatkan jumlah kalori yang dibakar, bahkan setelah selesai latihan. Oleh karena itu, melakukan latihan kekuatan secara rutin mampu membakar lemak dan membangun massa otot hingga membentuk tubuh yang lebih kencang.

3. Konsumsi protein yang cukup

Tubuh Anda bergantung pada protein untuk membantu memperbaiki kerusakan kecil di jaringan otot yang disebabkan oleh latihan kekuatan tadi. Ini penting agar otot-otot bisa tumbuh lebih besar dan kuat.

Selama penurunan berat badan, Anda juga membutuhkan lebih banyak protein untuk mencegah rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang. Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrition menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi asupan tinggi protein selama olahraga, kehilangan 27 persen lemak tubuh lebih banyak daripada yang tidak.

4. Kelola stres dengan baik

Stres membuat kekacauan di setiap bagian tubuh Anda, dan dapat menyebabkan kulit berjerawat, nyeri sendi, sakit kepala, dan kelebihan lemak perut. Itu karena ketika Anda stres, tubuh mengeluarkan kortisol lebih banyak, yakni hormon yang berkaitan dengan peningkatan lemak.

Sebuah studi menunjukkan bahwa kortisol tidak hanya meningkatkan nafsu makan, tetapi juga dapat mendistribusikan lemak tubuh ke daerah perut. Jadi, jika Anda merasa gelisah akhir-akhir ini, carilah waktu untuk bersantai agar pikiran lebih tenang.

5. Cukupi kebutuhan tidur

Menurut penelitian dari Wake Forest University, tidur lima jam atau kurang per malam dapat meningkatkan kadar lemak pinggang. Terlebih lagi, para peneliti dari Inggris menemukan bahwa orang yang tidur 5,5 jam atau kurang per malam mengonsumsi 385 kalori tambahan dibanding yang cukup beristirahat.

Penulis penelitian percaya bahwa kurang tidur dapat menyebabkan tubuh Anda menghasilkan hormon-hormon yang memicu kelaparan. Ini berarti Anda akan merasa lapar terus dan lebih sulit mengendalikan hasrat ngemil. Jika Anda ingin lemak pinggang menurun, sebaiknya tidur 7 hingga 9 jam per malam, sesuai rekomendasi National Sleep Foundation.

Ikuti cara-cara ampuh di atas untuk menyingkirkan lemak pinggang Anda. Perhatikan makanan sehari-hari Anda, lakukan olahraga kardio dan latihan kekuatan secara teratur, serta pola hidup sehat lainnya. Jangan lupa diterapkan secara konsisten agar hasilnya lebih maksimal. (RS/RVS/klikdokter)