Lima Parpol Usulkan Pimpinan DPRD Banten yang Baru

SERANG – Lima partai politik (parpol) peraih kursi terbanyak di DPRD Banten telah mengusulkan calon pimpinan Dewan yang baru. Kelimanya tinggal ditetapkan dan diumumkan melalui rapat paripurna DPRD Banten.

Kelima parpol tersebut adalah Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, PKS, dan Partai Demokrat.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun Radar Banten, kursi ketua Dewan akan diisi Andra Soni yang merupakan Sekjen Partai Gerindra Banten. Andra tercatat sebagai caleg terpilih dapil Banten 6 Kota Tangerang B.

Selanjutnya kursi para wakil ketua Dewan, dari PDIP akan diisi oleh Barhum (caleg terpilih dapil Banten 4 Kabupaten Tangerang B), dari PKS adalah Budi Prajogo (caleg terpilih dapil Banten 7 Kota Tangsel), dari Partai Golkar atas nama Fahmi Hakim (caleg terpilih dapil Banten 2 Kabupaten Serang), dan dari Partai Demokrat M Nawa Said (caleg terpilih Banten 4 Kabupaten Tangerang B). 

Ketua Sementara DPRD Banten Andra Soni membenarkan bila lima parpol telah mengusulkan calon pimpinan dewan periode 2019-2024.

“Alhamdulillah hari ini, kami telah menerima usulan nama calon pimpinan dewan dari Demokrat. Itu artinya lima parpol sudah mengusulkan semua,” kata Andra kepada wartawan di gedung DPRD Banten, Jumat (13/9).


Menindaklanjuti usulan calon pimpinan dewan tersebut, Andra mengaku pihaknya telah mengagendakan rapat paripurna tentang pengumuman nama-nama unsur pimpinan dewan yang definitif.

“Paripurnanya Senin (16/9), kita akan umumkan sebelum diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri,” paparnya.


Terkait nama-namanya, Andra mengaku tidak punya kewenangan menyampaikannya.

“Pimpinan sementara tugasnya memfasilitasi penetapan pimpinan dewan yang definitif. Siapa saja mereka nanti diumumkan melalui rapat paripurna,” tegasnya.


Politisi Gerindra ini berharap, dengan ditetapkannya pimpinan dewan definitif, lembaga DPRD Banten bisa segera melaksanakan tugas dan fungsinya. “Selanjutnya pimpinan dewan definitif wajib membentuk alat kelengkapan dewan,” tegasnya.


Sekretaris DPRD Banten Deni Hermawan membenarkan bila sekretariat DPRD Banten telah menerima usulan nama calon pimpinan DPRD Banten dari lima parpol. “Yang terakhir mengusulkan adalah Demokrat,” ujarnya.


Deni menambahkan, setelah lima nama calon pimpinan definitif diserahkan ke Sekretariat DPRD Banten, selanjutnya diumumkan melalui rapat paripurna.

“Tugas pimpinan dewan sementara berakhir setelah pimpinan dewan definitif ditetapkan,” ungkap Deni.


Kepada wartawan, M Nawa Said mengaku bersyukur bila dirinya diberikan amanah oleh Partai Demokrat untuk menjadi unsur pimpinan DPRD Banten lima tahun ke depan.

“Alhamdulillah ini amanah yang harus saya emban. Terima kasih kepada Ketua DPD dan DPP Demokrat yang memberikan kepercayaan sebesar ini,” ungkapnya.


Nawa pun membantah bila Demokrat menghambat penetapan lima pimpinan dewan baru. Menurutnya, SK dari DPP sudah ada sejak 28 Agustus 2019 lalu.

“Kami hanya terlambat mengambilnya ke DPP. Tidak ada maksud menunda penetapan,” kata Nawa. (Deni S)