Lima Pejabat Ikuti Seleksi Sekda

0
403 views

SERANG – Pelamar seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekretaris Daerah Kota Serang bertambah, Rabu (4/11). Total sudah lima pejabat mendaftar untuk mengikuti seleksi tersebut.

Lima pejabat itu berasal dari Pemkot Serang dan Pemprov Banten. Kelimanya yakni, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Nanang Saefudin, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Yoyo Wicahyono, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Banten Ahmad Syaukani, Staf Ahli Walikota (SAW) Bidang Pemerintah dan Hukum Politik Tb Urip Henus Surawardhana, dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Moch Poppy Nopriadi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Serang Ritadi B Muhsinin mengatakan, Pansel telah menerima lima berkas lamaran di hari terakhir. “Tadi pagi satu, sore dua, jadi jumlahnya ada lima yang mendaftar dengan kemarin (Selasa 3 November 2020),” ujarnya kepada wartawan, Rabu (4/11).

Dikatakan Ritadi, berdasarkan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pengisian JPT Pratama Sekretaris Daerah Kabupaten/Kota di masa Pandemi Covid-19 yaitu tiga orang. Sehingga, Pansel bisa melanjutkan tahapan berikutnya. “Besok pemberkasan, nanti seleksi berkas di umumkan, setelah itu nanti asesmen,” terangnya.

Usai penyerahan berkas, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Banten Ahmad Syaukani mengatakan, alasannya mengikuti seleksi tersebut lantaran ingin mengabdikan dirinya di tanah kelahiran. “Sudah waktunya kembali. Kan, semua niatnya sama ingin membangun Kota Serang,” katanya.

Pria yang akrab disapa Oni itu mengatakan, proses seleksi pada semua tingkatan JPT menjadi persyaratan. Sehingga, dirinya tidak menganggap peserta lainnya pesaing. “Saya meyakini semua yang mendaftar bertujuan untuk kemajuan Kota Serang, semuanya bagus ya, kita bersama-sama ikut seleksi sesuai yang ditentukan Pansel,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinsos Kota Serang Poppy Nopriadi mengatakan, mengikuti seleksi Sekda merupakan hak dari ASN bagi yang memenuhi syarat. Jabatan sekda merupakan jabatan karir puncak di lingkungan Pemkot Serang. “Karena izin dari pimpinan saya kantongi. Artinya sudah masuk persyaratannya juga sudah saya terpenuhi,” terangnya.

Soal peluang dalam proses seleksi terbuka Sekda, Poppy mengatakan harapan dan motivasi terpilih harus tinggi. “Saya akan berupaya maksimal dalam tiap tahapan,” katanya.

Sementara Staf Ahli Walikota (SAW) Bidang Pemerintah dan Hukum Politik Tb Urip Henus Surawardhana belum memberi alasannya mengikuti seleksi tersebut. Mantan Sekda Kota Serang itu, hingga pukul 19.30 WIB, tidak merespons panggilan dan pesan singkat Radar Banten. (fdr/nda)