Lima Peserta Seleksi Sekda Lulus

0
418 views

SERANG – Lima peserta seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Sekda Kota Serang dinyatakan lulus administrasi. Selasa (10/11), kelimanya akan  mengikuti tes kompetensi atau asesmen.

Lima peserta itu adalah Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Serang Nanang Saefudin, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Yoyo Wicahyono, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Banten Ahmad Syaukani. Lalu, Staf Ahli Walikota (SAW) Bidang Pemerintah dan Hukum Politik Tb Urip Henus Surawardhana, dan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Moch Poppy Nopriadi.

Kepala BKPSDM Kota Serang Ritadi B Muhsin mengatakan, peserta dinyatakan lulus seleksi administrasi melanjutkan ke tahap tes kompetensi. “Sudah semua (pendaftar-red) memenuhi persyaratan administrasi,” ujar Ritadi kepada Radar Banten, Minggu (8/11).

Ritadi mengatakan, uji kompetensi dilakukan selama dua hari dari 10-11 November 2020 di Kota Serang, dengan mendatangkan tim penguji dari Universitas Pandjadjaran (Unpad). “Rencananya di wilayah Kota Serang saja, yang dari Unpad kita undang kesini,” katanya.

Dikatakan Ritadi, pada lelang jabatan Sekda Kota Serang, bobot penilaian untuk tes kompetensi hanya 25 persen. Sisanya sebanyak 75 persen berasal dari pembuatan makalah, rekam jejak dan wawancara. “Semua peserta wajib mengikuti semua tahapannya,” katanya.

Ritadi mengungkapkan, seleksi terbuka Sekda Kota Serang bisa menghasilkan tiga besar pada awal Desember. Hasilnya, akan diserahkan ke wali kota, apakah akan langsung dilaksanalan pelantikan atau tidak. “Kalau sesuai waktu tiga besar itu Desember. Kalau hingga pelantikan kan itu haknya pak Wali, kapan ada waktunya,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bappeda Kota Serang Nanang Saefudin mengaku akan berupaya maksimal pada tiap tahapan seleksi. “Persiapannya tetap berupaya secara maksimal. Yakin, tapi tidak berlebihan,” katanya singkat.

Peserta lainnya, Kepala Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Pemprov Banten Ahmad Syaukani mengatakan, tak memiliki persiapan khusus dalam mengikuti seleksi Sekda Kota Serang. “Mengalir saja. Ikuti jadwal dari pansel,” terangnya.

Tak jauh berbeda dengan Ahmad Syaukani. Kepala Disparpora Yoyo Wicahyono mengaku dalam menghadapi seleksi terbuka Sekda dirinya membaca kembali beberapa buku yang berkaitan dengan materi seleksi tersebut. “Paling baca-baca sesuai karena memang nanti kita presentasi makalah dan uji kompetensi,” katanya.

Terpisah, Kepala Dinsos Moch Poppy Nopriadi mengatakan, usaha yang maksimal akan berbanding lurus dengan hasil. “Saya akan berusaha menjadi yang terbaik dalam seleksi ini,” singkatnya. (fdr/nda)