Lima PNS Banten Diberhentikan Secara Tidak Hormat

0
803 views
Kepala BKD Provinsi Banten Samsir.

SERANG – Sebanyak lima Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau yang saat ini disebut Aparatur Sipil Negera (ASN) di lingkungan Pemprov Banten diberhentikan secara tidak hormat selama tahun 2016. Informasi tersebut diungkapkan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Syamsir.

Menurut Syamsir satu dari lima PNS tersebut dipecat karena diketahui tidak masuk kerja selama lebih dari 45 hari tanpa ada keterangan apapun, sedangkan empat lainnya diganjar sanksi berat tersebut karena telibat masalah hukum seperti korupsi.

“Tahun 2016 itu, yang copot jabatan ada dua, yang diturunkan pangkatnya ada dua, yang ditunda kenaikan pangkatnya ada satu orang, kalau masalah hukum kita berhentika tidak hormat,” ujar Syamsir pada Jumat (6/1).

Syamsir melanjutkan, Pemprov Banten saat ini semakin memperketat pengawasan kepada para PNS, salah satunya dengan menerapkan sistem absen tiga kali selama satu hari. “Sekarang mah, coba deh nanti cek, kalo pagi sama sore ngantri, pada mau fingerprint (absen). Pagi absen, siang, jam istirahat absen lagi, dan mau pulang absen lagi,” ujar Syamsir.

Dengan adanya sistem tersebut, menurut Syamsir Pemprov Banten berharap kedisiplinan para pegawai bisa semakin baik. “Kalau sekarang masih karena takut, yah nanti mah kan bisa jadi terbiasa,” pungkasnya. (Bayu)