Lima Produk Lokal Masuk Pasar Ekspor

0
1.130 views

SERANG – Lima produk lokal asal Kabupaten Serang sudah masuk pasar ekspor. Produk lokal itu dinilai banyak diminati oleh pasar mancanegara.

Kelima produk lokal itu yakni, melinjo, gerabah, kerupuk ikan, handycraft, dan kerajinan batu fosil. Ekspor itu dilakukan mulai ke negara Belanda, Korea, Saudi Arabia, hingga ke negara-negara di Eropa.

Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang Abdul Wahid mengatakan, produksi melinjo di Kabupaten Serang sudah diakui oleh pasar luas. Produksi emping yang rata-rata bersentral di Kabupaten Serang bagian barat itu dipasarkan oleh seorang pengusaha hingga ke mancanegara.

Kemudian, pemasaran Gerabah Banten asal Desa Bumijaya, Kecamatan Ciruas dilakukan di Bali. Bahan baku hingga pengrajinnya juga berasal dari Desa Bumijaya. Gerabah Banten itu juga banyak diminati oleh wisatawan dari luar negeri.

Selain itu, kata dia, produk lainnya yakni karya seni tangan dari limbah kayu atau handycraft, olahan makanan ikan, hingga batu fosil yang juga pemasarannya sudah tembus pasar internasional. (Abdul Rozak)