Lingkungan Hijau, Ambisi Warga RT 02

CIPOCOK JAYA – Warga Lingkungan Pasirkelapa, RT 02 RW 05, Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya, berambisi menjadikan lingkungannya hijau. Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 dijadikan momen oleh warga untuk berbenah mencapai harapannya..

Penghijauan yang dilakukan warga RT 02 memang belum menyeluruh. Warganya tengah berusaha membuat pekarangan rumahnya dipenuhi tanaman hias di dalam pot.

Konsep penghijauan ini, menurut Ketua RT 02 Romli, disepakati setelah warga dan pengurus RT berdiskusi lagi. Awalnya, kampung pelangi menjadi pilihan warga untuk berkompetisi dalam LRLA.

“Kami rasa, yang mengusung tema warna-warni atau lingkungan pelangi sudah banyak. Kami ingin memberi warna lain. Meski tema penghijauan juga sudah banyak, kami akan berusaha memberikan tampilan berbeda. Salah satunya, memperbanyak tanaman hias,” kata Romli kepada Radar Banten, Kamis (23/4) siang.

Tanaman hias, lanjut Romli, tidak selamanya harus dibeli dengan harga mahal. “Sebenarnya, di lingkungan sekitar kita juga banyak tanaman hias. Kita manfaatkan saja yang ada di sekitar. Tinggal penataan dan penampilannya saja yang dipercantik,” terangnya.

Selain di pekarangan rumah, warga telah berencana menghijaukan lingkungannya dengan menata tanaman hias di sepanjang jalan. Untuk pelaksanaannya, kata Romli, akan dilakukan warga setelah wabah corona berakhir.

“Corona mempersulit persiapan kita. Pembuatan pos ronda juga belum terlaksana. Benar-benar terganggu sekali. Ini juga paling baru 40 persen persiapannya,” ucap Romli.

Sementara itu, Ketua RW 05 Rosidi mengakui, persiapan warga RT 02 menghadapi LRLA terkendala wabah corona.“Kita tidak bisa memaksakan diri. Paling setelah corona pergi, baru bisa maksimal persiapannya. Meski demikian, kami selalu menghimbau warga untuk melakukan penataan di rumah masing-masing. Kalau gotong royong yang melibatkan massa, nanti dulu lah,” ujarnya. (dre/don)