Lingkungan Kagungan Dirintis Jadi Kampung Sehat

0
1.171 views

CILEGON – Lingkungan Kagungan, Kelurahan Gerem, Kota Cilegon dirintis menjadi kampung sehat. Program itu kerja sama antara Pemkot Cilegon dengan MCCI Group.

Corporate Social Responsibility (CSR) & Public Relation PT Mitsubishi Chemical Indonesia M Reza Maulana menjelaskan, kampung sehat telah dirintis sejak lima bulan.

Upaya mewujudkan kampung sehat melalui pembangunan kebun gizi, pemanfaatan pekarangan rumah untuk tanaman obat dan pangan, penyuluhan kesehatan, serta pelatihan dan pemberdayaan masyarakat.

Dijelaskan Reza, selama kurang lebih lima bulan terakhir, upaya mewujudkan kampung sehat telah membuahkan hasil, misalnya program kebun gizi yang berjalan efektif.

“Hari ini ada panen raya juga, ini sebenarnya sudah beberapa kali panen, hasilnya ada yang langsung dikonsumsi untuk masyarakat,” ujar Reza, Kamis (27/2).

Ia melanjutkan, selain dikonsumsi langsung oleh masyarakat, sebagai hasil produk kebun diolah menjadi berbagai macam pangan dalam kemasan, misalnya kripik sintrong, kripik pare, serta minuman. Produk-produk yang telah dikemas mulai dipasarkan oleh masyarakat ke industri. 

Kata Reza, upaya selama lima bulan membuahkan hasil tak terlepas dari peran masyarakat. Menurutnya, tanpa antusiasme yang tinggi dari masyarakat, program itu akan sulit berjalan efektif.

“Ini lahan dari warga, kita tidak menyewa, kita hanya bantu bibit, penyuluhan agar warga bisa mengelola kebun, dan juga mengolah hasil kebunnya,” tutur Reza.

Pada awalnya, kebun sehat hanya dibuat di satu titik, kini sudah berkembang di 15 pekarangan rumah masyarakat. Di setiap kebun terdapat aneka sayuran, palawija, toga, kolam ikan lele dan nila, serta ternak ayam.

Sementara itu, Asda I Kota Cilegon Taufiqurohman menjelaskan, gagasan membuat kampung sehat sangat bagus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat serta sebagai bentuk pemberdayaan.

Ia berharap hal serupa pun dilakukan oleh industri lain di Kota Cilegon, sehingga semakin banyak kampung sehat yang bermunculan.

“Cilegon kan banyak industrinya, saya harap mereka juga sama. Jadi peran industri gak hanya merekrut tenaga kerja, tapi juga ada kepedulian sosial yang lainnya,” ujarnya. (Bayu Mulyana)