Lingkungan Kecantilan Beranjak Hijau

0
711 views

KAGUNGAN – Sebagian wilayah di Lingkungan Kecantilan, RT 01 RW 09, Kelurahan Kagungan, Kecamatan Serang, telah menjadi hijau. Perkampungan ini bakal banyak dipenuhi tanaman dan bunga. Lewat Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020, warga tengah berupaya meninggalkan predikat kumuh untuk lingkungannya.

Melihat kondisi jalan yang masih rusak dan selokan yang mampet, pekerjaan warga RT 01 RW 09, Lingkungan Kecantilan, menata lingkungannya masih cukup banyak. Saat ini, warga sedang membangun gapura permanen di pintu masuk lingkungannya.  

“Di Kecantilan memang penataannya dimulai dari nol,” kata Lurah Kagungan Sobirin kepada Radar Banten, Jumat (3/4).

Sobirin mengaku, pihaknya sengaja memilih RT 01 RW 09, Lingkungan Kecantilan, sebagai salah satu perwakilan Kelurahan Kagungan dalam LRLA karena ingin menata perkampungan menjadi lebih baik. Rencananya, pot-pot tanaman hias dan bunga akan ditata di pinggir jalan. “Kita akan buat jadi lingkungan hijau,” tegasnya.

Ketua Kelompok Pemuda Penggerak Lingkungan Kecantilan Nunung menambahkan, kegiatan gotong royong warga sudah dimulai sejak dua pekan lalu. Selain membuat gapura, warga juga membuat pos ronda.

“Jadi ada dua pos ronda di Kecantilan,” ujarnya. Sebagian jalan lingkungan di perkampungan ini, lanjut Nunung, telah dihijaukan dengan tanaman hias dan bunga.

Nunung mengakui, organisasi yang dia pimpin belum disahkan oleh Pemerintah Kelurahan Kagungan. Karena itu, pihaknya akan meminta Lurah Kagungan untuk segera menerbitkan surat keputusan tentang kelompok pemuda penggerak lingkungan. Serta, kelompok penggerak sadar hukum yang akan dibentuk.

Rencana pembentukan kelompok penggerak sadar hukum ini, jelas Nunung, karena para pemuda di lingkungannya aktif menjalankan kegiatan sistem keamanan lingkungan (siskamling). “Nanti, kita buat strukturnya dan ajukan ke kelurahan (untuk disahkan-red),” katanya.

Nunung menilai, konsep penghijauan sangat cocok diterapkan di Lingkungan Kecantilan. Soalnya, perkampungan ini gersang. Jika siang hari, debu dari jalanan beterbangan dan mengganggu pernafasan warga. “Penghijauan ini atas kesepakatan warga,” jelasnya.

Kendati penataan lingkungan di RT 01 RW 09, Lingkungan Kecantilan, diakui tertinggal oleh lingkungan lain di Kelurahan Kagungan, Nunung optimistis, kampungnya mampu bersaing dan mendapat hasil maksimal. “Harus optimis. Apalagi warga juga sudah aktif gotong royong lagi,” tandasnya. (mg06/don)