Lingkungan Paling Berbunga, Target Warga Sudimara

0
167 views

CURUG – Lingkungan RT 03 RW 02, Kelurahan Sukawana, Kecamatan Curug. jadi lingkungan paling berbunga di Kota Serang. Kalimat ini, setidaknya menjadi harapan warga perkampungan yang dikenal dengan nama Lingkungan Sudimara ini pada Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Untuk menggapai harapannya, warga Sudimara sudah mulai menghiasi halaman rumah masing-masing dengan tanaman hias dan bunga. Perkampungan yang dihuni oleh 350 jiwa penduduk dari 80 kepala keluarga ini memang memiliki lingkungan yang asri. Di sejumlah gang, terdapat pohon mangga, jambu, dan rambutan.

“Warga dan para pemuda sepakat untuk bikin Sudimara jadi lingkungan berbunga,” kata Sulhi, perwakilan pemuda Sudimara, kepada Radar Banten, Minggu (22/3).

Dijelaskan Sulhi, dua pekan lalu, sosialisasi LRLA kepada warga dan pemuda sudah dilakukan oleh Ketua RT 03 RW 02, Lingkungan Sudimara, Nahad. Ibu-ibu pun sudah mulai membersihkan halaman rumahnya dari sampah. Ibu-ibu di Sudimara juga mulai menghiasi pekarangan rumahnya dengan bunga.

“Kami menyambut antusias (LRLA-red). Semua kompak membenahi lingkungan,” tandas Sulhi.

Menghadapi LRLA, menurut Sulhi, warga Sudimara telah mendapatkan pembagian tugas. Sesuai kesepakatan, ibu-ibu menanam bunga seperti mawar, melati, lili, dan akasia. Bapak-bapak dan pemuda mendapat tugas membuat gapura di tiga gang permukiman serta membuat pagar untuk jalan gang.

“Gapura dan pagar baru akan kita bikin pekan depan. Mau cari bambunya dulu,” jelas Sulhi.

Bambu akan diambil di kebun warga yang lokasinya tak jauh dari permukiman warga Sudimara. Sebelum digunakan untuk gapura dan pagar, bambu harus dikeringkan dulu selama tiga hari. Rencananya, pagar bambu akan dibuat sepanjang 400 meter. “Jalan paving block-nya kan lebarnya cuma satu meter dan panjang. Lumayan banyak bambu yang harus dipakai,” terang Sulhi.

Sementara, Ketua RT 03 RW 02, Lingkungan Sudimara, Nahad menambahkan, warganya juga aktif menjalankan ronda malam. Ada dua pos ronda di perkampungan ini. Pos ronda di bagian depan perkampungan dijaga oleh pemuda. Pos ronda di bagian belakang dijaga oleh bapak-bapak.

“Saya optimis, Sudimara bakal jadi juara,” pungkas Nahad. (mg06/don)