Lingkungan Pelangi Jadi Pilihan

CIPOCOK JAYA – Lingkungan penuh warna menjadi pilihan warga Lingkungan Bulakan, RT 04 RW 05, Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya. Saat ini, mereka tengah mengupayakan konsep penataan lingkungannya untuk menghadapi Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020.

Ketua RT 04 Sauri tidak meragukan semangat warganya menyambut lomba yang telah menjadi salah satu program unggulan Pemkot Serang ini. Hanya saja, proses penataan lingkungan RT ini baru mencapai 40 persen. Kegiatan warga merealisasikan konsep lingkungan pelangi terkendala wabah corona.

“Secara persiapan, pasti terganggu karena kumpul-kumpul warga sudah tidak boleh. Tapi, kami tetap meminta warga melakukan persiapan secara mandiri di halaman masing-masing,” kata Sauri kepada Radar Banten pada Rabu (22/4) sore. “Baru pemagaran dan pengecatan jalan lingkungan. Jalan paving block juga mau dicat warna-warni, tapi keburu ada imbauan dari pemerintah tidak boleh kumpul-kumpul dulu. Ini baru tiga kali gotong royong. Tadinya, gotong royong keempat untuk pengecetan paving block,” imbuh Sauri.

Warga RT 04, diakui Sauri, sudah diuntungkan dengan alam. Perkampungan ini sudah hijau oleh tumbuhan sehingga warga tidak perlu lagi melakukan penghijauan. “Konsep kita, lingkungan pelangi. Kalau penghijauan, alhamdulillah, kampung kita sudah hijau dan asri. Tinggal menata ulang saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Pemuda RT 04 Ahmad Saeni menyatakan, kekompakan warga dan pemuda membuat penataan lingkungan RT 04 tidak menemui kesulitan. “Alhamdulillah, semua warga kompak dan mau bekerja sama. Misalnya pada saat gotong royong, ada yang nyari bambu, ada yang nyari kembang. Ibu-ibunya nyiapin makanan, pemuda-pemudinya berkreasi dengan membantu penegecatan. Pokoknya, berbagi tugaslah,” tuturnya.

Saeni berharap, wabah corona segara berakhir. Sehingga, konsep penataan lingkungan yang telah disepakati warga, bisa cepat diwujudkan.  “Kalau tidak ada corona, pasti sudah menjadi lingkungan pelangi. Tadinya, kami juga mau membuat apotek hidup. Mudah-mudahan, corona cepat berlalu dan kami bisa berbenah lagi,” tutup Saeni. (dre/don)