Lingkungan RT 02 Bakal Lebih Hijau

CIPOCOK JAYA – Warga RT 02 RW 02, Lingkungan Jeranak, Kelurahan Banjarsari, Kecamatan Cipocok Jaya, bertekad menghijaukan lingkungannya. Penilaian tahap pertama Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 memicu semangat warga RT ini untuk kembali membenahi lingkungannya menuju penilaian tahap dua, Agustus mendatang.

Ketua RT 02 Samsuri mengakui, pengurus dan warga RT 02 sempat kebingungan menghadapi penilaian tahap pertama. Mereka belum mengerti tentang pelaksanaan lomba kebersihan dan keamanan kampung tersebut.

“Kita awalnya masih bingung mau ditata seperti apa. Setelah dikasih tahu juri, nah, kita bakal fokus penghijauan,” kata Samsuri kepada Radar Banten, Minggu (17/5).

Rencananya, warga dan pemuda RT ini akan menyemai bibit tanaman di dalam polybag terlebih dulu. Bibit tanaman itu akan langsung dibagikan kepada warga. Setelah berusia satu bulan, warga diminta memindahkan bibit tanaman ke dalam pot. Lalu, menatanya di setiap pekarangan rumah warga.

“Tahap awal, kiat bikin 100 polybag dulu,” katanya. Samsuri tidak menentukan jenis tanaman yang akan digunakan untuk penghijauan. Tanaman jenis sayur atau tanaman hias tidak dipermasalahkan. “Yang penting kelihatannya hijau. Semua bisa kita tanam,” ujarnya.

Warga RT 02 juga tengah membuat pagar bambu untuk dipasang di pinggir jalan sekira 100 meter. Pagarnya akan dicat warna-warni agar tampak lebih rapi, meskipun jalannya rusak,

“Waktu penilaian tahap pertama, kita baru sempat bikin gapura, belum ada pagar,” jelas Samsuri. “Insya Allah, semua masukan tim juri bakal kami penuhi,” sambungnya.

Lurah Banjarsari Roni Rohimat mengaku rutin mengontrol kegiatan warga bergotong royong menata lingkungan. “Saya yakin, warga pasti bisa memberi hasil maksimal,” tegasnya. (mg06/don)