Lingkungan RW 03 Kepuh Baru Ditata

0
323 views

PADARINCANG – Tetap semangat dan optimis. Warga RW 03, Kampung Kepuh, Desa Bugel, Kecamatan Padarincang, tetap yakin bisa bersaing di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020, meski baru mulai persiapan.

Minggu (8/11) pagi, warga kampung ini gotong royong membersihkan kampung. Ada dua lokasi yang menjadi tempat warga berkumpul. Di lapangan kampung dan di sepanjang jalan di bagian depan kampung. Warga membuat pagar dari bambu dan memasangnya di pinggir jalan, serta menanam bunga di pinggir jalan.

Kepala Desa Bugel Muhtar mengakui jika penataan lingkungan RW 03 terlambat. Menurutnya, hal itu karena warga ragu tentang kelanjutan LKBA 2020 akibat pandemi Covid-19.

“Apalagi kan ada PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar-red) karena corona, kirain enggak jadi,” kata Muhtar kepada Radar Banten.

Keraguan warga RW 03 terjawab ketika Muhtar mendapat kabar bahwa penilaian tahap pertama lomba ini dimulai pada Rabu (4/11). “Ternyata lombanya jadi, ya udah saya langsung ajak warga rapat,” jelasnya.

Rapat tersebut dihadiri tokoh masyarakat, Ketua RW 03 Idris, dan para pemuda. Muhtar kemudian meminta warga untuk segera gotong royong.

“Tapi sebelum mulai, warga juga swadaya dulu, iuran untuk modal menata kampung,” ungkap Muhtar.

Ketua RW 03 Idris menambahkan, lantaran waktu yang singkat, warganya langsung mengambil batang bambu dari kebun untuk pemagaran. Ibu-ibu tak ketinggalan, ikut gotong royong. Mereka membersihkan jalan dari sampah plastik.

“Untuk penilaian tahap pertama mah kita bikin pager dan tanaman dulu,” jelas Idris.

Selanjutnya, lanjutnya, warga RW ini berencana memperbaiki pos ronda, membuat taman, dan melengkapi lingkungannya dengan sarana protokol kesehatan. Kegiatan ini untuk menghadapi penilaian tahap dua, awal Desember mendatang. (mg06/don)