Lionel Messi

BUENOS AIRES – Kapten Argentina Lionel Messi memutuskan rehat sementara dari timnas. Setidaknya sampai akhir tahun ini, Messi tak akan berpartisipasi pada laga uji coba internasional Albiceleste.

Dari jadwal pertandingan Argentina September mendatang ada dua uji coba. Pertama melawan timnas Guatemala di Los Angeles Coliseum (7/9). Kedua melawan Kolombia di MetLife Stadium (11/9). Jika ditotal, maka sampai akhir tahun 2018 sudah ada lima pertandingan ujicoba internasional yang menanti.

Seperti diberitakan ESPN kemarin (15/8) Messi secara personal sudah mengatakan keputusan untuk tidak berkecimpung sementara kepada pelatih interim Argentina Lionel Scaloni. Media Argentina Clarin menuliskan pasca kegagalan pada Piala Dunia 2018, Messi membutuhkan waktu menenangkan diri.

Mantan rekan La Pulga di Argentina, Carlos Tevez mengatakan, semua pihak harus menghormati keputusan Messi. Termasuk Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) sekalipun.

“Tentu dia (Messi, red.) bebas memilih apa yang disukai. Seandainya nanti dia kembali bergabung, maka itu keputusan yang mendapat dukungan dari seluruh keluarganya,” kata Tevez kepada ESPN.

Dalam pandangan Tevez, membela timnas adalah mengenai kenyamanan. Bila hati seseorang sudah tak lagi bersama Argentina, maka pemain itu tidak akan bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya. “Bermain untuk timnas tanpa motivasi jauh lebih tak berguna. Itulah mengapa dia harus mendapat alasan kuat untuk bermain lagi buat Argantina,” ucap Tevez.

Nah, tanpa Messi sejumlah nama pemain muda Argentina dikabarkan menjadi tulang punggung tim pada uji coba internasional September mendatang. Seperti Mauro Icardi, Geronimo Rulli, Giovani Lo Celso, dan Leandro Paredes akan bergabung. (jpg/zai/ags)