Lions Club Hibur Para Veteran

SEBANYAK 25 laki-laki lanjut usia duduk di hadapan panggung yang menampilkan berbagai hiburan. Hari itu, Sabtu (19/8), bertempat di Sekretariat Lions Club Host Tangsel, Lengkongkarya, Serpongutara diundang beberapa artis yang tergabung dalam Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) yang tinggal di daerah Kota Tangsel untuk menghibur para veteran.

Tak hanya hiburan, para veteran juga diajak berdansa dengan beberapa penari yang diundang dalam acara yang dimulai pukul 16.00 itu. Senyum dan tawa merekah di wajah mereka. Seolah, setelah kebahagiaan kemerdekaan 72 tahun silam hari itulah yang membuatnya kembali tersenyum dan tertawa.

Seperti itulah kegiatan yang kerap dilakukan Lions Club selama eksis di Indonesia. Bagi mereka, kebahagiaan para veteran itu adalah sesuatu yang harus dilakukan. Apalagi tak banyak orang sadar bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini adalah berkat perjuangan mereka. Namun, banyak veteran yang kini hidupnya blangsak.

President Lions Club Host Tangsel Amdaita Siregar mengatakan, program pemberdayaan veteran adalah tujuan dan fokus mereka selama eksis di Indonesia. Hal tersebut dilakukan dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk terus berterima kasih kepada mereka.

Amdaita mengatakan, setiap bulan sebagian anggotanya mengadakan acara semacam ini secara bergiliran. Seperti beberapa bulan lalu, bersama anggota yang berasal dari Jakarta, sebanyak 50 veteran lebih mereka beri hiburan semacam ini.

”Santunan itu sebenarnya bukan apa-apa, dibanding dengan perjuangan mereka dalam merebut kemerdekaan yang kita rasakan saat ini. Karena itu, dengan berbagai macam hiburan yang kita lakukan, kita ingin beritahukan bahwa bahagia bagi mereka bukan hanya sebatas penerimaan santunan,” kata Amdaita.

Tak hanya sehari, menurut Amdaita rutinitas ini akan berlangsung secara berkesinambungan. ”Jadi kita enggak lihat momentum seperti apa untuk memberikan mereka santunan. Melainkan, setelah dihimpun seperti ini, secara otomatis setiap bulan kita berikan pembinaan baik dalam materi atau lainnya,” kata Amdaita.

Dia menjelaskan, sampai saat ini sudah ratusan veteran dari regional Jakarta dan Banten yang terdata. Dimana nantinya setiap bulan mereka akan mengumpulkan para veteran untuk diberikan hiburan. Seperti menyanyi, menari sampai menonton film. Lions Club juga akan mengundang anak-anak muda. Dengan kegiatan ini, dia berharap akan ada banyak anak muda tahu eksistensi veteran saat berjuang untuk negara ini.

”Para anak muda bertemu dan bersilaturahmi dengan veteran. Itu bisa memotivasi mereka untuk lebih mengenal sejarah Indonesia itu sendiri,” kata Amdaita.

Sementara salah satu veteran, Bachtiar mengatakan, acara seperti ini memang jarang sekali ada. Apalagi menurutnya selama ini beberapa instansi hanya memberikan santunan pada momen-momen tertentu.

”Kalaupun ada cuma santunan saja, habis itu pulang, enggak ada hiburan. Semoga nanti bisa terus seperti ini. Apalagi kita sudah pada tua, jadi yang dibutuhkan momen-momen seperti ini. Bukan materinya,” kata Bachtiar. (ANNISA FITRAH LAELA)