Listrik Padam, Dua Pabrik Berhenti Beroperasi

0
225 views

CILEGON – Listrik yang padam hingga berjam-jam, mengakibatkan dua pabrik di Kota Cilegon yang tidak memiliki genset atau sumber energi listrik cadangan, mengalami kelumpuhan alias berhenti beroperasi.

Salah satu pabrik kimia di Kota Cilegon, PT Asahimas Chemical harus berhenti beroperasi akibat padamnya listrik. Hal itu terjadi karena mesin-mesin di pabrik yang berada di Kecamatan Ciwandan tersebut bergantung pada pasokan listrik PLN.

Humas PT Asahimas Chemical Roffie Khalatif saat dikonfirmasi Radar Banten membenarkan hal tersebut. Menurutnya, akibat padamnya listrik aktivitas pabrik mati total. Sehingga, perusahaan pun terpaksa mengeluarkan karyawan dari area pabrik.

Akibatnya, kerugian pun tak bisa terhindari karena beberapa jam waktu yang seharusnya digunakan untuk memproduksi kimia terbuang akibat matinya mesin. Sayangnya, Roffie mengaku belum bisa membeberkan berapa besar kerugian yang ditanggung pihaknya.

 “Wah, mesti dihitung dulu,” ujar Roffie kepada Radar Banten, Minggu (4/8).

Kondisi yang sama dialami oleh PT Indoferro. Pabrik pengola nikel itu harus berhenti karena berhentinya pasokan listrik di Kota Cilegon. “Pasti terkena dampak, pabrik off saat ini karena listrik mati tiba-tiba,” ujar Humas PT Indoferro David.

Kondisi berbeda dialami oleh PT Sentra Usahatama Jaya (SUJ). Pabrik gula rafinasi itu mengaku tidak merasakan dampak negatif akibat matinya aliran listrik di Kota Cilegon. Hal itu karena pabrik yang juga berlokasi di Kecamatan Ciwandan itu memiliki pembangkit listrik sendiri.

“Kami kebetulan tidak menggunakan listrik dari PLTU Suralaya, punya sumber sendiri,” ujar HR, GA, Legal & External Relations Manager PT SUJ Rizki Weldy saat dikonfirmasi Radar Banten.

Seperti diketahui, pemadaman terjadi karena adanya Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) yang mengalami gangguan. Tepatnya di SUTET 500 kV Ungaran-Pemalang yang mengalami gangguan. Pengiriman energi listrik dari timur ke barat gagal atau terputus. Aliran energi listrik yang terputus memicu trip atau lepasnya jaringan di PLTU yang ada di Jawa Barat dan Banten. Trip hanya terjadi di pembangkit listrik di wilayah barat sehingga pasokan listrik di timur Jawa tetap aman. (Bayu M/RBG)