Liverpool Vs Tottenham: Perbaiki Rekor Buruk Sang Manajer

LIVERPOOL – Tottenham Hotspur menghadapi laga penting di markas Liverpool, Minggu (31/3). Namun, misi menang Tottenham dibayangi rekor buruk sang manajer Mauricio Pochettino. Duel itu menjadi peluang Spurs untuk menjaga jarak dengan rival-rivalnya dalam persaingan finis empat besar di akhir musim.

The Lilywhites, yang menghuni urutan ketiga klasemen sementara, dalam posisi riskan karena hanya unggul satu poin dari Arsenal (4), dan tiga poin dari Manchester United. Semakin sulit bagi Spurs karena Liverpool sudah pasti butuh kemenangan untuk menjaga singgasananya.

Menghadapi Liverpool, Pochettino mesti berpikir keras menyusun taktik yang tepat. Soalnya, pelatih asal Argentina itu memiliki rekor buruk terhadap manajer Liverpool Juergen Klopp. Dalam sejarah, kedua manajer telah berjumpa delapan kali di sepak bola Inggris yang pertama kali terjadi pada Oktober 2015.

Namun, Pochettino hanya sekali mengalahkan Klopp dan menderita tiga kekalahan. Kemenangan itu diperoleh Pochettino kala memimpin Tottenham menggasak the Red 4-1 di Wembley (22/10/2017). Sedangkan kekalahan terakhir terjadi pada awal musim ini dengan skor 1-2 di tempat serupa.

Dalam periode itu, Pochettino telah empat kali mengunjungi Anfield dengan hasil dua kekalahan dan dua kali seri. Lawatan terakhir Spurs ke markas Liverpool berkesudahan 2-2, usai dua kali tertinggal (4/2/2018).

Di sisi yang sama, Tottenham gagal menang dalam empat pertandingan terakhirnya di Liga Inggris. Tim arahan Pochettino itu kalah tiga kali dan cuma imbang satu kali. Hasil-hasil itu membuat posisi Tottenham di empat besar terancam. Ada di peringkat ketiga dengan 61 poin.

Di tengah laju Tottenham yang tersendat, keran gol Son Heung-min juga tersumbat. Penyerang asal Korea Selatan itu tak mencetak gol dalam lima penampilan terakhirnya bersama Tottenham di semua kompetisi. Padahal Son sempat melewati periode apik pada Desember-Februari. Ia mencetak 11 gol dalam 12 pertandingan di semua kompetisi.

Pada laga ini, Tottenham tentu berharap keran gol Son akan kembali mengalir. Son membawa modal bagus untuk laga melawan Liverpool akhir pekan ini. Ia bikin satu gol saat Timnas Korea Selatan menang 2-1 atas Kolombia di laga persahabatan pada tengah pekan ini. (dtc/ibm/ira)