LKBA, Harapan Mengembalikan Kesadaran Warga Kelola Sampah

PONTANG – Kepala Desa Sukanegara, Kecamatan Pontang, Muhammad Sanusi menaruh harapan besar pada warga RW 01, Kampung Pemalang. Ia yakin, dengan menunjuk kampung ini untuk ikut Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019, kesadaran warganya dalam mengelola sampah secara swadaya muncul kembali. 

Kepala desa yang akrab disapa Sanusi itu menuturkan, pengelolaan sampah di Pemalang sempat berjalan bagus pada 2018. Saat itu, tiap kepala keluarga iuran Rp5.000 untuk kebersihan. Dengan iuran itu, sampah dari tiap rumah diangkut dan dibuang ke tempat pembuangan akhir yang disediakan Pemerintah Desa Sukanegara.

Namun, program itu hanya berjalan sekira enam bulan. Warga Pemalang tak lagi membayar iuran kebersihan. Sampah-sampah pun dibiarkan menumpuk di tong sampah yang juga disediakan Pemerintah Desa Sukanegara.

“Sekarang, saatnya kita sadarkan lagi warga (Pemalang-red) untuk kelola sampah,” tandas Sanusi kepada Radar Banten, Rabu (16/10).

Misi Sanusi itu, agar 400 tong sampah dari Pemerintah Desa Sukanegara dimanfaatkan kembali dengan baik. Motor pengangkut sampah dari pemerintah desa juga diharapkan bisa digunakan lagi. Saat ini, motor pengangkut sampah itu teronggok di gudang beras milik Sanusi.

Sanusi berencana, pengelolaan sampah di Pemalang bisa berjalan lagi pada November mendatang. “Kami sudah bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Serang untuk pengangkutan sampahnya. Kami akan rapat dulu dengan warga (untuk kesepakatan membayar iuran kebersihan-red),” ungkap Sanusi.

Ketua RW 01, Kampung Pemalang, Johaemi menjelaskan bahwa lingkungannya dihuni oleh 600 jiwa penduduk. Mayoritas berprofesi sebagai petani. “Kalau untuk gotong royong, kami pasti siap,” tegasnya. (mg06/ags)