LKBA Kabupaten Serang 2020: Bakal Lebih Semarak, Seluruh OPD Ikut Terlibat

Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi (tengah) memaparkan persiapan LKBA Kabupaten Serang 2020 kepada Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah didampingi Sekda Kabupaten Serang Tb Entus Mahmud Sahiri dan seluruh kepala OPD di ruang rapat Pendopo Bupati Serang, Jumat (10/1)

SERANG – Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 digadang-gadang bakal jauh lebih semarak dibanding tahun sebelumnya. Seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) terlibat untuk memeriahkan roadshow di 15 lokasi.

Hal itu terungkap pada rapat persiapan LKBA Kabupaten Serang 2020 di ruang rapat Pendopo Bupati Serang, Jumat (10/1). Rapat dihadiri Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Tb Entus Machmud Sahiri, Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkab Serang.

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah mengatakan, seluruh OPD di Pemkab Serang sudah menyiapkan program unggulan yang bisa disinergikan dalam pelaksanaan roadshow LKBA 2019. “LKBA 2020 bakal jauh lebih semarak, seluruh OPD ikut terlibat dalam program ini,” kata Tatu kepada Radar Banten usai rapat.

Tatu menilai, LKBA 2020 merupakan program yang bersentuhan langsung dengan warga. Oleh karena itu, seluruh OPD wajib ikut serta dalam memberikan pelayanan secara langsung pada roadshow. “Para OPD bisa memeriahkan roadshow dengan pelayanan atau memamerkan produk serta karya kepada warga,” kata Tatu.

Seperti apa yang akan dilakukan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Serang, kata Tatu, pada roadshow LKBA nanti Dindik akan mengundang para siswa peraih beasiswa untuk melakukan seremonial serta sosialisasi kepada warga bagaimana cara mendapatkan beasiswa. “Jadi warga bisa tahu, oh ternyata Pemkab Serang juga menyediakan beasiswa untuk siswa kurang mampu, penghafal Alquran, dan siswa berprestasi,” ungkapnya.

Tatu menegaskan, jika tahun lalu baru ada 176 RW yang ikut serta dalam LKBA maka pada LKBA 2020 seluruh RW yang berjumlah 1.511 RW wajib ikut serta dalam ajang perlombaan kebersihan dan keamanan ini dengan kategori juara kampung pemula dan berkembang. “Tujuan kami baik, yakni menumbuhkan mindset pola hidup sehat, bersih, dan aman di masyarakat,” ungkapnya.

Pemkab Serang sudah menyiapkan anggaran Rp2,9 miliar untuk pelaksanaan LKBA mulai dari tahap roadhsow sampai penjurian. Rencana jumlah nominal anggaran yang dikucurkan bakal bertambah sampai memenuhi target yakni senilai Rp4 miliar lebih. Sisa anggaran yang masih kurang tersebut ditargetkan terpenuhi sebelum akhir Januari. Soalnya, seperti tahun lalu, LKBA 2020 juga bekerja sama dengan Polda Banten dan Korem 064 Maulana Yusuf Serang.

Direktur Radar Banten dan Banten TV Mashudi menambahkan, launching dan roadshow LKBA Kabupaten Serang 2020 akan dilaksanakan Februari sampai April. Sedangkan Awarding dilaksanakan Desember 2020. “Semua tahapan perencanaan berjalan dengan baik, sinergitas dan kekompakan ini demi warga Kabupaten Serang,” ujarnya.

Keikutsertaan seluruh OPD pada ajang LKBA ini, kata Mashudi, menjadi keterbukaan pusat informasi tentang apa saja yang sudah dilakukan Pemkab Serang kepada masyarakat. “Ini jadi satu hal menarik, warga bisa langsung berkonsultasi dengan dengan seluruh OPD saat roadshow,” terangnya.

Mashudi berharap, seluruh RW di 236 desa se-Kabupaten Serang ikut berperan aktif dalam ajang lomba kebersihan dan keamanan ini. Soalnya, kata Mashudi, Bupati Tatu sudah sangat bersemangat dan sungguh-sungguh menyukseskan lomba ini demi terciptanya lingkungan yang bersih, aman, dan nyaman. (mg06/air/ags)