LKBA Titik Awal Penataan Lingkungan

TIRTAYASA  Pemerintah Desa Laban, Kecamatan Tirtayasa, menjadikan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2019 sebagai langkah awal untuk menata permukiman warganya. “Kami mengusulkan RW 03, Kampung Laban, untuk mengikuti lomba (Kampung Bersih dan Aman-red) mewakili Desa Laban,” kata Sekretaris Desa Laban Alamsyah kepada Banten Raya TV (grup Radar Banten) di Kantor Desa Laban, Rabu (16/10).

Menurut Alamsyah, keputusan Pemerintah Desa Laban itu agar bak atau tempat penampungan sampah di Kampung Laban bisa dimanfaatkan warga dengan baik. Selama ini, bak sampah itu kurang digunakan. Warga cenderung lebih memilih membakar sampahnya daripada membuangnya ke bak sampah tersebut.

Pemerintah Desa Laban telah berencana menggulirkan program pengelolaan sampah di Kampung Laban. “Melalui momentum Lomba Kampung Bersih dan Aman ini, kita akan membangun TPS (tempat pembuangan sampah-red). Lokasinya sudah kita tentukan, di RT 09 RW 03, Kampung Laban. Nanti, warga kita arahkan untuk membuang sampah ke TPS itu,” terangnya.

Kebersihan jalan lingkungan di kampung ini, lanjut Alamsyah, juga telah direncanakan Pemerintah Desa Laban. “Kami akan mengarahkan warga untuk bergotong royong rutin, satu minggu sekali. Sehingga, lingkungan kampung menjadi bersih dan rapi,” katanya.

Terkait keamanan lingkungan, Alamsyah mengklaim, Kampung Laban relatif aman. Ia menyatakan, tindak pidana atau kriminalitas lainnya belum pernah terjadi di kampung ini.

Warga kampung ini, sebut Alamsyah, rutin melaksanakan ronda malam. Warga menggunakan tiga poskamling di RW 03, Kampung Laban, sebagai pusat pengamanan lingkungan. “Desa Laban juga terbebas dari paham radikalisme,” tukasnya.

Sudin, warga RW 03, Kampung Laban, mendukung jika kampungnya ikut berkompetisi dalam Lomba Kampung Bersih dan Aman. Kegiatan Jumat bersih yang rutin dilaksanakan warga, menurutnya, bisa menjadi modal. “Kami menaruh harapan, (Kampung Laban-red) bisa menang,” ujarnya. (jay/ang/don/ags)