LKBA Tumbuhkan Semangat Gotong Royong

0
346 views

BOJONEGARA – Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020 diakui mampu menumbuhkan semangat gotong royong warga RW 05, Kampung Sumurgading, Desa Margagiri, Kecamatan Bojonegara. Demikian diungkapkan oleh Kepala Desa Margagiri Ruhul Amin.

“Sejak ada LKBA, gotong royong warga terbentuk lagi,” tegasnya kepada Radar Banten di ruang kerjanya pada Sabtu (14/11).

Ruhul mengakui, sebelum ada LKBA, warga RW 05 belum memiliki kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungannya. RW 05 pun kumuh.

Namun, sekarang telah tumbuh kesadaran warga. Secara perlahan, kebiasaan membuang sampah sembarangan sudah tak dilakukan lagi. “Dulu mah kumuh, enggak ada penghijauan lagi,” tukas Ruhul.

Kini, warga telah menyiapkan karung sampah di setiap rumah. Setiap hari Selasa dan Jumat, sampah diangkut oleh petugas kebersihan. “Sekarang tinggal kita cari cara agar bisa inovasi pengolahan sampah,” ungkapnya.

Ketua RW 05 M Ali menambahkan, untuk menghadapi penilaian tahap dua LKBA, ia bakal segera menata kampungnya dengan melengkapi sarana protokol kesehatan seperti menyediakan tempat mencuci tangan serta alat pendeteksi suhu tubuh. “Biar keamanan warga dari corona terjaga,” ungkapnya.

Warga RW 05, lanjut Ali, juga bakal melakukan pengecatan jalan dengan gambar tiga dimensi. Serta, menambah penghijauan dan tanaman bunga.

“Insya Allah, nanti juri bakal betah saat menilai ke sini, soalnya bersih dan indah,” ujar Ali. (mg06/don)