LKKS Kabupaten Serang Diminta Bantu Atasi Masalah Sosial

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah menyerahkan bendera LKKS kepada pengurus LKKS Kabupaten Serang di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (13/8). Foto Rozak/Radar Banten

SERANG – Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah meminta Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) dapat membantu pemerintah mengatasi persoalan sosial di masyarakat. Hal itu dipicu belum seimbangnya jumlah tenaga sosial di lingkungan Pemkab Serang untuk mengatasi beragam persoalan.

Hal itu disampaikan Tatu pada acara pelantikan pengurus LKKS di halaman Pendopo Bupati Serang, Selasa (13/8). Hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Serang Tubagus Entus Mahmud Sahiri dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serang Rahmat Fathoni.

Tatu mengatakan, banyak persoalan sosial di masyarakat yang harus ditangani pemerintah. Oleh karena itu, pihaknya membutuhkan bantuan pihak lain untuk mengatasi persoalan tersebut. “Keberadaan LKKS ini sangat membantu. Karena mitranya Dinsos (Dinas Sosial-red). Kami ingin LKKS ini bisa memfasilitasi penanganan persoalan sosial di masyarakat,” pinta politikus Partai Golkar itu kepada wartawan usai pelantikan.

Menurut Tatu, jumlah tenaga sosial di Kabupaten Serang masih minim. Ia berharap, LKKS menjadi mitra kerja yang baik dalam membantu Pemkab Serang mengentaskan persoalan sosial. “Saya rasa LKKS di Kabupaten Serang sudah melakukan perannya di masyarakat,” ucap ibu tiga anak itu.

Sementara itu, Ketua LKKS Kabupaten Serang Gunawan mengatakan, pihaknya segera melaksanakan beberapa program kerja yang diarahkan untuk menggerakkan kesejahteraan dan menumbuhkan rasa sosial masyarakat. “Caranya terjun ke masyarakat dan menumbuhkan usaha-usaha kecil,” terangnya.

Gunawan menambahkan, pihaknya saat ini fokus melakukan pembinaan anak-anak telantar, yatim piatu, dan putus sekolah. Hal itu bertujuan agar anak-anak menerima haknya. “Kalau untuk pembiayaan kita masih swadaya, ada dari pemerintah melalui Baznas,” tambahnya. (jek/zai/ira)