Logistik dan Hasil Pemilu Mulai Dikirim ke PPK



LEBAK – Panitia pemungutan suara (PPS) mulai mendistribusikan kotak suara dan hasil pemilu ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Di Kecamatan Rangkasbitung, Lebak, dari 16 desa/kelurahan baru Desa Nameng dan Kelurahan Rangkasbitung Barat yang mengirimkannya ke PPK.

Ketua PPK Rangkasbitung Wahyudin menyatakan, pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) telah tuntas. Hasil pemungutan dan penghitungan suara mulai dikirim kepada PPK, termasuk semua logistik yang telah digunakan pada hari pencoblosan.

“Mulai hari ini, PPS harus sudah mengirimkan hasil dan logistik pemilu yang telah digunakan kepada PPK,” kata Wahyudin kepada Radar Banten, Kamis (18/4).

Dijelaskannya, jumlah TPS di Kecamatan Rangkasbitung mencapai 348 TPS yang tersebar di 16 desa/kelurahan. Adapun jumlah pemilih mencapai 89.742 orang.

“Hasil pemilu dimasukkan dalam kotak suara presiden. Kotak suara tersebut nantinya akan dibuka pada saat pleno rekapitulasi suara,” ungkapnya.

Untuk 14 desa dan kelurahan yang lain, Wahyudin berharap segera didistribusikan ke PPK oleh PPS, sehingga PPK dapat segera melakukan rekapitulasi hasil pemungutan suara di wilayah Kecamatan Rangkasbitung.

“Kotak suara presiden yang berisi hasil pemilu disimpan di aula kantor kecamatan, sedangkan kotak suara yang lain disimpan di gudang,” paparnya.

Dia menambahkan, kotak suara yang berisi hasil pemilu dan logistik pemilu lainnya dijaga 24 jam oleh petugas PPK dan aparat kepolisian. Karena itu, dia menjamin keamanan dan kerahasiaan kotak suara tersebut.

“Tempat ini kita jaga 24 jam. Jadi, semua hasil pemilu di wilayah Rangkasbitung aman,” tegasnya. (Mastur)