Logistik Pilkada Dihibahkan ke Pemkab

0
1651
Suasana Rapat Kerja Pengelolaan Hibah Barang Milik Negara Pasca Pilkada di salah satu hotel di Kota Serang, Kamis (28/1) (FOTO: ROZAK RADAR BANTEN)

SERANG – Logistik berkas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Serang berupa thermogun atau alat pendeteksi suhu tubuh sebanyak 3.420 unit dihibahkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang.

Hal itu terungkap pada acara Rapat Kerja Pengelolaan Hibah Barang Milik Negara Pasca Pilkada 2020 Kabupaten Serang di salah satu hotel di Kota Serang, Kamis (28/1). Hadir dalam rapat, Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang Nanang Supriyatna, para pejabat eselon III berikut camat se-Kabupaten Serang.

Ketua KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengaku, pihaknya menghibahkan logistik bekas digunakan pada saat Pilkada 2020 Kabupaten Serang. Menurutnya, logistik bekas PIlkada harus diserahkan agar pemanfaatannya berkelanjutan. “Yang kita hibahkan thermogun sebanayk 3.420 unit kepada Pemkab Serang,” ungkap Abidin.

Dijelaskan Abidin, ribuan thermogun yang dihibahkan digunakan KPU saat Pilkada untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) selama pelaksanaan Pilkada di Tempat Pemungutan Suara (TPS). “Sekarang sudah tidak lagi digunakan. Makanya, kita hibahkan kepada pemda,” jelasnya.

Abidin memastikan, ribuan alat pendeteksi suhu tubuh itu masih dalam kondisi baik. Katanya, logistik itu hanya digunakan saat pelaksanaan Pilkada saja. Disinggung soal besaran nilainya, Abidin berkelit tidak mengetahuinya. “Kondisinya sudah sangat baik, semuanya masih berfungsi. Kalau nilainya berapa, saya tidak tahu, itu petugas teknis urus,” kelitnya.

Adapun pemanfaatan logistik tersebut selanjutnya, Abidin menyerahkan sepenuhnya kepada Pemkab Serang. Yang pasti, lanjut Abidin, alat masih sangat bisa dimanfaatkan untuk penerapan prokes selama pandemi Covid-19. “Bisa untuk di kecamatan-kecamatan, di desa-desa atau disalurkan kepada organisasi kemasyarakatan. Kita serahkan ke pemda saja,” tandasnya.

Sementara itu, Asda I Pemkab Serang Nanang Supriyatna mengatakan, pihaknya akan mencatat ribuan thermogun yang dihibahkan KPU sebagai aset milik Pemkab Serang. Selanjutnya, thermogun akan didistribusikan kepada lembaga atau organisasi yang membutuhkan. “Bisa untuk organisasi seperti PMI, kecamatan, desa, sekolahan, atau lainnya. Tinggal menyampaikan surat permohonan saja,” terangnya.

Kata Nanang, thermogun juga direncanakan digunakan untuk penyelenggaraan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Sehingga, Pemkab Serang tidak perlu melakukan pengadaan lagi untuk alat thermogun agar bisa efisiensi pembiayaan. “Penyelenggaraan Pilkades kan dimungkinkan masih dalam suasana Covid-19, pasti butuh thermogun juga,” pungkas mantan Camat Waringinkurung tersebut. (jek/zai)