Para pemain Argentina berselebrasi setelah menundukkan Nigeria dan memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Foto: fifa.com

Argentina lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Nigeria 2-1. Dengan kemenangan ini,  Argentina akan menghadapi Prancis di babak 16.

Perjumpaan dengan Argentina di Piala Dunia, bagi Nigeria sudah yang kelima kalinya. Namun belum berhasil menang. Gol Lionel Messi di menit 14 dan Marcos Rojo di menit 86 sukses membuyarkan impian Nigeria untuk melenggang ke babak 16 besar di Rusia. Anak-anak didik Gernot Rohr pun mau tak mau harus angkat topi ke Messi dan kawan-kawannya.

Pertempuran Argentina dan Nigeria di Piala Dunia memang selalu sengit. Bersua pertama kali di Piala Dunia 1994 yang merupakan Piala Dunia perdana Nigeria, mereka sudah menyuguhkan tontonan seru.

Mereka bertemu lagi di Piala Dunia 2002, 2010, 2014, dan 2018. Semua pertemuan terjadi di fase grup, dan Argentina memenangkan semua laga dengan selisih satu gol.

Tampil sangat buruk di dua laga awal melawan Islandia dan Kroasia, publik menyangka bahwa tahun ini Argentina akan pulang lebih cepat, dan Nigeria-lah yang akan lolos.

Namun, takdir berkehendak lain. Argentina tetaplah Argentina, sebuah tim raksasa yang tidak akan mau pulang begitu saja dari Piala Dunia.

Lionel Messi menuturkan bahwa Argentina sudah siap lahir dan batin menghadapi Prancis di babak 16 besar Piala Dunia 2018 nanti. Messi menganggap Prancis sebagai tim yang berbahaya.

Prancis sendiri lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup C. Mereka mengantongi 7 poin setelah hanya sanggup bermain seri 0-0 dengan Denmark di laga terakhir babak penyisihan.

“Kami sudah tonton semua pertandingan Prancis. Kami lihat semua game mereka. Mereka tim hebat dengan pemain-pemain berkemampuan individu luar biasa,” ujar Messi seperti dilasnir JawaPos.com dari fifa.com.

Messi menggarisbawahi, Les Bleus adalah tim dengan segudang pemain berkecepatan tinggi. “Para pemain mereka ini bisa membuat perbedaan di dalam pertandingan. Kami harus waspada,” ujar Messi.

Kendati demikian, Messi tidak khawatir. Ia mengklaim, Albiceleste sudah paham betul apa yang harus dilakukan untuk menangkal gempuran anak-anak muda Tim Ayam Jantan tersebut. “Kami tahu harus berbuat apa. Pertandingan nanti akan sangat seru dan ketat. Tidak diragukan lagi,” ujarnya. (kar/JPC/JPG)