Lomba Antar-RT, Modal Bersaing di LKBA

0
374 views

KRAGILAN – Pemerintah Desa Dukuh, Kecamatan Kragilan, telah mempersiapkan lima RW di desanya untuk bisa bersaing di Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Caranya, melalui lomba kebersihan antar-RT tingkat desa.

Dorongan pemerintah desa agar warga di lima RW dan 14 RT menata kampungnya itu telah dimulai sekira dua pekan lalu.

“Jadi, di Desa Dukuh semua RW ikut lomba sesuai instruksi dari Pemkab Serang. Ada lima rw, semua ikut lomba. Semua RT, kalau saya perhatikan, sejak dua minggu terakhir penataan sudah dilakukan warga di masing-masing lingkungan,” kata Kepala Desa Dukuh Ali Zainal Abidin.

Sejak lomba kebersihan antar-RT itu dimulai, Ali menilai, sudah banyak perkembangan di beberapa kampung. Antusiasme warga, dia anggap, cukup tinggi. Hampir setiap rumah ditata.

“Alhamdulillah, antusiasme masyarakat sangat baik. Swadaya juga berjalan cukup baik. Dari penilaian saya, sudah ada tiga RW yang penataannya terlihat menonjol. Tapi saya berharap, penataan terus dilakukan karena masa lomba cukup panjang,” ujarnya.

“Saya menargetkan Desa Dukuh di LKBA kali ini masuk menjadi salah satu pemenang. Kalau melihat semangat warga sih saya optimis. Karena mereka kompak dan punya banyak ide untuk menata kampungnya,” ujar Ali.

Muhammad Rudi, penggerak warga di RW 02, Kampung Pasirbinong, mengakui jika warga dan pemuda di kampungnya memiliki banyak ide dan konsep untuk menata kampung. Di antaranya, taman bermain, taman toga, dan taman ramah anak.

“Ide kami banyak. Tapi dari kriteria yang ada di LKBA, akan kami penuhi semuanya walau kami (kategori-red) pemula di lomba ini. Antusiasme warga kampung kami untuk menata hampir seratus persen, karena semua turun menata. Modal untuk menata juga kami swadaya semua. Sekarang baru ada pengecatan, penghijauan, pembuatan taman bermain, sama pembenihan. Akan terus kami tambah. Masih ada waktu untuk melanjutkan penataan,” tutup Rudi. (rio/don)