Lomba Layang-layang Dibubarkan Polisi

0
897 views

SERANG – Aparat kepolisian dari Polsek Pabuaran membubarkan perlombaan layang-layang di Kampung Susukan, Desa Talagawarna, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Sabtu (5/12) siang. Pembubaran tersebut dilakukan dikarenakan situasi pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

“Kami melakukan pembubaran terhadap perlombaan layang-layang di Kampung Susukan, Desa Talagawarna, Kecamatan Pabuaran karena situasi saat ini masih pandemi Covid-19,” kata Kapolsek Pabuaran Inspektur Polisi Satu (Iptu) Choirul Anam, Minggu (6/12).

Dikatakan Choirul, pihaknya melakukan pembubaran setelah mendapat informasi dari masyarakat terkait adanya perlombaan tersebut. Untuk mengecek kebenaran informasi tersebut, anggota Polsek Pabuaran kemudian mendatangi lokasi. Setibanya di lokasi, polisi mendapati banyak masyarakat berkerumun untuk menyaksikan perlombaan.

Dengan upaya persuasif, perlombaan tersebut diminta untuk ditiadakan dan peserta serta masyarakat sekitar yang datang untuk meninggalkan lokasi. “Kami minta untuk mebubarkan diri apalagi perlombaan tersebut tidak mendapatkan izin dari kepolisian,” ujar Choirul.

Dikatakan Choirul, anggotanya telah memeriksa panitia perlombaan. Agar kejadian tersebut tidak terulang kembali pihak panitia telah membuat dan mendatangi surat pernyataan. “Untuk saat ini kami berikan pembinaan, yang bersangkutan juga telah membuat surat pernyataan dan berjanji tidak akan mengulagi lagi kegiatan tersebut,” kata Choirul.

Sehari sebelumnya, aparat kepolisian dari Polsek Taktakan juga membubarkan perlombaan burung merpati di lapangan Kelurahan Legok, Kecamatan Taktakan, Kota Serang. “Sudah dibubarkan karena terjadi kerumunan,” ujar Kasubag Humas Polres Serang Kota AKP Badri Hasan.

Badri menuturkan, saat pembubaran tersebut, pihak kepolisian juga turut menyosialisasikan tentang pentingnya penerapan protokol kesehatan (prokes) di tengah pandemi Covid-19. “Kami juga berikan pemahaman tentang pentingnya penerapan prokes ini agar Covid-19 ini tidak menyebar,” tutur Badri. (mg05/air)