Lomba Mancing Selat Sunda AKCF Ditargetkan jadi Event Nasional

Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa (di atas kapal motor memegang bendera) melepas peserta lomba mancing event AKCF 2018 di perairan Selat Sunda, Pelabuhan Paku, Desa Anyar, Kecamatan Anyar, Minggu (2/9).

SERANG – Event Anyar Krakatau Culture Festival (AKCF) 2018 mulai digelar Pemkab Serang, Minggu (2/9). Beberapa kegiatan dalam event tersebut dilaksanakan di Pelabuhan Paku, Desa Anyar, Kecamatan Anyar. Salah satunya, lomba mancing Selat Sunda yang ditargetkan menjadi event nasional.

Lomba mancing di perairan Selat Sunda yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pejabat daerah hingga masyarakat umum dengan kapal hiasnya itu, dilepas oleh Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa yang menggunakan kapal motor. Peserta tampak antusias mengikuti lomba hobi tersebut.

Pandji mengklaim, lomba mancing di Selat Sunda AKCF banyak diikuti peserta dari luar daerah. Di antaranya peserta dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pandji berencana, mempublikasikan lomba mancing Selat Sunda lebih luas agar dapat dikenal oleh wisatawan luar daerah. Salah satu upayanya, sosialisasi lomba kepada penggemar memancing bahwa setiap tahun Pemkab punya event lomba mancing. “Supaya menjadi event skala nasional,” targetnya.

Untuk mengejar target itu, Pandji meminta panitia menjamin kenyamanan dan keamanan para wisatawan yang mengikuti lomba memancing tahun ini. Pandji berharap, melalui event lomba mancing dapat menjadi energi semangat bagi para nelayan. Menurutnya, nelayan harus terus dikembangkan karena menjadi salah satu profesi yang dibutuhkan.   “Jangan sampai nelayan alih profesi,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pelaksana AKCF 2018 Agus Erwana mengungkapkan, lomba mancing Selat Sunda diikuti 400 peserta. Peserta akan memperebutkan total hadiah Rp112,5 juta. Terdapat tiga kategori lomba, kelas nelayan motor, nelayan katir (perahu-red), dan hobi serta lomba perahu hias. Kata Agus, pada perlombaan ada beberapa aturan yang diubah. Yakni, tahun ini setiap peserta diwajibkan membawa pelampung. “Target kita bukan kuantitas tapi kualitas,” tegas Asisten Daerah (Asda) I Pemkab Serang ini.

Wakil Ketua Pelaksana AKCF 2018 Tahyudin menambahkan, tahun ini lomba memancing lebih banyak diikuti peserta dari luar daerah. Di antaranya dari Jakarta, Bekasi, Cirebon, selain dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Ada juga peserta dari mancanegara dari Negeri Jiran Malaysia,” tambah Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Serang ini. (Rozak/RBG)