Loket tiket di Pelabuhan Merak.

CILEGON – Menyikapi liburan panjang, PT ASDP Indonesia Feri Cabang Merak menyiapkan 30 kapal untuk melayani penyeberangan dari Merak menuju pulau Sumatera. Diprediksi malam ini terjadi lonjakan penumpang arus mudik.

Asisten Manajer Humas PT ASDP Indonesia Feri Cabang Merak Fariz Rikzi menjelaskan, long weekend (liburan  panjang) menjadi salah satu momen yang mendapatkan perhatian serius dari ASDP. Setiap momen ini setidaknya terjadi lonjakan penumpang 20 persen dari hari biasanya.

“Dermaga yang dioperasikan ada lima, satu masih dalam perbaikan,” kata Fariz di kantor PT ASDP Indonesia Feri Persero Cabang Merak, Rabu (28/3).

Tidak hanya jumlah kapal yang disiapkan, sebagai pengelola Pelabuhan Merak, PT ASDP Indonesia Cabang Merak juga memperketat keamanan di sekitar pelabuhan.

Bekerja sama dengan kepolisian dari Polres Cilegon, ASDP memastikan keamanan pengguna jasa penyeberangan tersebut selama berada di Pelabuhan Merak. “Keamanan menjadi prioritas, koordinasi sudah kita lakukan,” paparnya.

Bentuk keseriusan PT ASDP Indonesia Cabang Merak ini ditunjukkan dengan penambahan loket. Dari semula hanya enam loket ditambah menjadi sembilan loket. Loket kendaraan roda empat atau lebih dari delapan loket menjadi 12 loket. Sementara, kendaraan bermotor roda dua dari dua loket menjadi enam loket.

Fariz mengimbau masyarakat untuk hati-hati saat hendak pulang ke daerah asal atau menikmati liburan di luar daerah. “Sebaiknya lakukan perjalanannya di siang hari. Khususnya kendaraan roda dua dan penumpang pembawa kendaraan pribadi karena lebih safety di siang hari,” paparnya.

Terkait kondisi cuaca, menurut Fariz, belum menerima informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait kondisi cuaca perairan di Banten. Untuk itu, pihaknya tetap beroperasi dengan patokan cuaca yang baik.

Kasatlantas Polres Cilegon AKP Fikry Ardiansyah mengatakan, Satlantas Polres Cilegon akan mengerahkan seluruh personel untuk mengawal masa liburan panjang akhir pekan  dan Pelabuhan Merak menjadi salah satu pusat perhatian Polres Cilegon.

“Pengamanan kita lakukan tidak hanya saat long weekend, tapi hari biasanya pun kita lakukan, tapi kalau hari libur menjadi perhatian lebih,” ujarnya saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon seluler.

Masyarakat yang akan menuju Pelabuhan Merak melalui jalan umum, Fikry mengimbau untuk lebih hati-hati khususnya di titik jalur yang kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. “Yang rawan itu di Grogol, Tegalwangi, dan Gerem,” katanya. (mg09/alt/dwi/RBG)