Long Weekend Jadi Akhir Pekan Terpadat di Merak

Ratusan penumpang memadati Dermaga I Pelabuhan Merak saat puncak mudik libur akhir pekan panjang, Kamis (29/3) lalu.

CILEGON – Manajemen PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak menilai libur akhir pekan kemarin merupakan libur akhir pekan terpadat selama ini. Tercatat lebih dari 90 ribu lebih penumpang yang menyeberang dari Pelabuhan Merak ke Bakauheni.

Manajer Usaha PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Rudi Mahmudi menjelaskan, penilaian tersebut dilihat dari data jumlah penyeberang ke Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak selama tiga hari sejak Kamis (29/3) hingga Sabtu (31/3). “Kepadatan paling terlihat pada Kamis (29/3) malam, untuk hari ini (kemarin-red) sama seperti biasanya,” ujar Rudi, Minggu (1/4).

Menurut Rudi, kepadatan penumpang terjadi pada Kamis (29/3) malam terjadi karena libur long weekend dimulai pada esok harinya. Sementara, arus balik dari Sumatera ke Jawa diperkirakan terjadi pada Minggu (1/4) malam. Sama seperti arus kepergian, kepadatan arus balik terjadi pada Minggu malam karena kecenderungan masyarakat yang memilih melakukan perjalanan pada malam hari.

Terkait jumlah, Rudi memperkirakan tidak akan jauh berbeda dengan data pada Kamis malam. Pada saat itu, ada sekitar 39.503 orang. “Biasanya sama jumlahnya pas arus balik, kalau pun berbeda tidak terlalu jauh,” katanya.

Secara keseluruhan, arus mudik pada long weekend pekan kemarin terpantau lancar dan aman. Penumpukan pengguna jasa penyeberangan tidak terlalu parah, baik di loket pembelian tiket maupun di dermaga.

Kemudian tidak satu pun kejadian yang membahayakan para penyeberang yang terjadi selama kurun waktu tiga hari tersebut. Kerja sama dengan pihak kepolisian terbukti efektif membuat suasana mudik kondusif.

Asisten Manajer Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Fariz Rizki menjelaskan, selama tiga hari total penyeberang ke Sumatera melalui Pelabuhan Merak tecatat sebanyak 90.085 penumpang. Sementara, volume kendaraan mencapai 20.919 unit.

Secara perinci, pada Kamis, jumlah penumpang tercatat sebanyak 39.503 orang dan kendaraan sebanyak 9.308 unit. Kemudian pada Jumat (30/3), penumpang tercatat sebanyak 29.421 orang dengan jumlah kendaraan sebanyak 6.573 unit. “Hari Sabtu, penumpang sebanyak 21.351 orang, sedangkan jumlah kendaraan sebanyak 5.029 unit,” ujarnya. (mg09/ibm/dwi/RBG)