Longsor Mancak, Akses Jalan ke Anyer Sempat Tertutup

SERANG – Longsor yang terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, Kamis (15/2) di Jalan Anyer-Mancak sempat menutupi badan jalan, yang membuat akses lalu lintas tertutup. Kendaraan roda empat selama beberapa jam tidak bisa melewati jalan tersebut.

Longsor yang terjadi di Kampung Waringin, Desa Mancak, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang ini diakibatkan cuaca ekstrem hujan lebat. Membuat pergeseran tanah dari tebing yang menutupi seluruh jalan mencapai 5 meter.

Pusdalops-PB BPBD Kabupaten Serang dari Satgas Mancak pada pukul 07.45 WIB melaporkan bahwa telah terjadi bencana pergeseran tanah.

“Kondisi terakhir masyarakat, Satgas Bencana Mancak serta Muspika saat ini sedang melakukan evakuasi material longsoran yang menutupi akses jalan,” kata operator Pusdalops BPBD Kabupaten Serang Shadatullah melalui pesan WhatsApp, Kamis (15/2).

Sudah 70 persen puing-puing longsoran dapat disingkirkan. Kata dia, akses jalan berjalan dengan normal. “Evakuasi puing longsoran dari 07.30 WIB hingga 08.30 WIB. Kendaraan roda dua dan roda empat sudah bisa melewati jalan ini,” terangnya.

Sementara itu, Camat Mancak Marfudin membenarkan peristiwa bencana longsor yang sempat menutupi akses Jalan Anyer-Mancak. Pihaknya langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Serang untuk melakukan tindakan evakuasi longsoran.

“Petugas sudah di tempat sejak jam tujuh pagi tadi,” tuturnya. (Anton Sutompul/antonsutompul1504@gmao.com)