Lotte Diminta Segera Normalisasi Kali Kruwuk

CILEGON – PT Lotte Chemical Indonesia (LCI) diminta segera menormalisasi Kali Kruwuk. Hal itu terungkap saat rombongan Komisi II DPRD Kota Cilegon bersama pihak Lotte meninjau proyek Lotte dan Kali Kruwuk, Selasa (31/12/2019).

Peninjauan itu dilakukan karena proyek Lotte disebut-sebut menjadi penyebab banjir di Lingkungan Kruwuk, Kelurahan Rawaarum, Kecamatan Grogol, beberapa waktu lalu.

Ketua Komisi II DPRD Kota Cilegon Faturohmi menuturkan, hasil temuan DPRD Kota Cilegon telah terjadi penyempitan aliran Kali Kruwuk sehingga saat hujan mengguyur Kota Cilegon kali tidak mampu menampung debit air. Akibatnya, lingkungan tersebut sudah dua kali terendam banjir saat hujan mengguyur dengan intensitas cukup lama.

“Kita arahkan ada beberapa titik diperbaiki, saluranya diperluas. Hasil temuan ada beberapa titik yang menghambat aliran air,” ujar Faturohmi.

Menurutnya, upaya normalisasi harus dilakukan secepatnya mengingat saat ini telah memasuki musim hujan. Ia khawatir jika tidak dilakukan sesegera mungkin warga akan kembali menjadi korban banjir.

Menyikapi persoalan banjir, Komisi II akan memanggil sejumlah industri, antara lain PT Krakatau Steel (KS), PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC), PT Pelabuhan Cilegon Mandiri (PCM), PT Kereta Api Indonesia (KAI), serta perusahaan pengelola jalur pipa gas yang berada di dekat aliran Kali Kruwuk.

Pemanggilan itu dilakukan karena perusahaan tersebut ikut andil terhadap kondisi Kali Kruwuk saat ini. (Bayu Mulyana)