SERANG – Person In Charge (PIC) Bagian Buah dan Sayur Lotte Mart Serang Hadi Juliansyah mengatakan, pihaknya sudah menarik ke dalam gudang dan tidak menjual apel yang diduga mengandung bakteri berbahaya. Penarikan itu dilakukan setelah menerima Surat Edaran dari Kementerian Perdagangan tentang larangan menjual apel asal Amerika tersebut.

“Sudah seminggu lalu kami menarik jenis apel yang dilarang tersebut,” ungkap Hadi kepada wartawan, Senin (2/2/2015) sore.

Hadi menjelaskan, pihaknya masih menyimpan di dalam gudang lantaran menunggu penarikan dari distributor.

Sementara itu, Kasi Makanan Minuman Kosmetik dan Obat Tradisonal Dinkes Kota Serang Tata SKM menjelaskan, apel yang dilarang tersebut diduga sudah terkontaminasi bakteri Listeria Monocylogenes yang dapat menimbulkkan keracunan. Dampak awal itu mual dan muntah. “Ini akan lebih cepat menyerang kepada anak-anak, terutama ibu hamil bisa mengakibatkan keguguran,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, Tim gabungan yang terdiri dari Balai POM, Komisi II DPRD Kota Serang, Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi (Disdagperinkop), dan Dinas Kesehatan Kota Serang menemukan, sebanyak 96,5 kilogram apel yang diduga mengandung bakteri berbahaya saat melakukan pemantauan di pusat perbelanjaan Lotte Mart Serang. (Fauzan Dardiri)