Lotte Siap Serap 5.000 Tenaga Kerja

CILEGON – Proyek ekspansi PT Lotte Chemical Titan Nusantara telah di depan mata. Setelah selesai mengurus berbagai perizinan yang dibutuhkan, proyek perluasan pabrik kimia dengan nilai investasi Rp55 triliun itu siap memasuki tahap pembangunan fisik.

Awal Desember 2018, pabrik yang rencananya akan memproduksi bahan baku plastik itu akan diresmikan. Groundbreaking akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

General Manager (GM) PT Lotte Chemical Titan Nusantara Mariono mengatakan, telah melayangkan surat permohonan groundbreaking ke Istana Negara. Pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan. “Di lokasi kami sudah lakukan bersih-bersih. Ini untuk persiapan awal Desember nanti,” kata Mariono, kemarin.

Mariono menambahkan, jadwal groundbreaking akan mengikuti agenda presiden. “Hari dan tanggalnya belum pasti, kan kami harus mengikuti jadwal Pak Presiden. Yang jelas awal bulan depan (Desember),” ujarnya.

Pembangunan fisik pabrik kimia Lotte, lanjutnya, akan dilaksanakan pada 2019. Pada saat itu, pihaknya membutuhkan tenaga kerja hingga kurang lebih 5.000 orang. “Saat pembangunan infrastrukturnya, kami butuh tenaga kerja hingga 5.000 orang. Kalau sudah operasi, jumlahnya menyusut hingga kira-kira 1.000 tenaga kerja,” tuturnya.

Ia berharap, proyek perluasan pabrik kimia itu mendapat dukungan dari berbagai pihak karena akan menyumbang kontribusi besar terhadap pengurangan jumlah pengangguran. “Investasi sebesar ini betul-betul butuh dukungan dari semua pihak. Toh, ke depan, Kota Cilegon yang paling menikmati keberadaan pabrik ini. Ribuan tenaga kerja akan terserap, kami pun berkontribusi dalam PAD khususnya sektor pajak,” tuntas Mariono.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Cilegon Sahruji menyatakan, proyek pembangunan pabrik Lotte akan merangsang geliat investasi di Kota Cilegon. Kadin Cilegon telah diminta menjadi mitra kerja PT Lotte Chemical Titan Nusantara selama kegiatan pembangunan berlangsung. “Saya sudah didatangi manajemen PT Lotte, katanya pembangunan pabrik akan segera dimulai. Mereka sudah melayangkan surat permohonan kepada Pak Presiden tentang groundbreaking. Saya katakan, para pengusaha Cilegon siap untuk support pembangunan pabrik Lotte nanti,” ucapnya. (Andre AP/RBG)