LPA Banten Kecam Pemerkosaan Oleh Oknum Guru di Kota Serang

Net. ILUSTRASI
Net. ILUSTRASI

SERANG – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Banten mengecam aksi pemerkosaan yang dilakukan oknum guru terhadap siswi SMK di Kota Serang. Oknum guru tersebut harus mendapat hukuman berat. Sebab pemerkosaan tersebut merupakan kejahatan seksual.

Hal tersebut disampaikan Ketua LPA Provinsi Banten Muhamad Uut Lutfi saat dikonfirmasi melalui telepon seluler, Kamis (26/5/2016). “Perbuatan itu merupakan kejahatan seksual. Sebab dilakukan kepada anak di bawah umur. Apalagi yang melakukan itu adalah oknum guru,” ujar dia.

Uut menjelaskan kejadian keji itu membuat lembaga pendidikan sekolah menjadi negatif. Semestinya pendidikan tempat anak menimba ilmu. Tapi oknum guru tersebut telah mencederai lembaga sekolah tersebut. Tentunya hal ini harus menjadi perhatian serius bagi manajemen sekolah tersebut. Pihak sekolah harus memberikan kebijakan cepat atas kejadian itu.

“Untuk itu pihak sekolah harus memecat pelaku dan harus lebih baik lagi dalam menerima guru honerer. Karena pendidikan di sekolah harus steril dari para predator kekerasan seksual,” tambahnya.

Kemudian, Uut mengatakan pihak sekolah juga harus melindungi korban pemerkosaan. “Korban harus dilindungi sebab sudah pasti kondisi korban sangat stres berat. Pihak sekolah harus memotivasi agar kondisi psikologis korban juga baik,” ucap Uut.

Meskipun demikian, lanjut Uut, pihaknya siap membantu kondisi psikologis korban pemerkosaan tersebut. Sebab akibat kejadian tersebut sudah tentu menimbulkan luka psikis berat.” Kami akan bantu korban tersebut. Maka dari itu pihak keluarga juga jangan sungkan dan malu untuk melaporkan ke kami. Karena tugas kami untuk menangani kasus-kasus tersebut. Kami akan bantu,” katanya. (Adef)