LRLA, Momen untuk Mengaktifkan Siskamling

0
817 views

TAKTAKAN – Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 dijadikan momen perubahan di RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, Kelurahan Taktakan. Perlombaan ini dimanfaatkan untuk mengaktifkan kembali kegiatan warga mengamankan lingkungannya. Permukiman ini pun akan dibuat semarak penuh warna.

Sistem keamanan lingkungan (siskamling) di RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, telah lama mati suri. Ketua RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, Santa Wijaya mengakui hal itu, meskipun menyatakan bahwa keamanan lingkungannya cukup terjamin.

“Tidak pernah ada kasus kriminalitas, tapi nanti, siskamlingnya bakal diaktifkan kok,” ujarnya kepada Radar Banten, Sabtu (14/3).

LRLA, lanjut Santa, juga akan dijadikan momentum untuk membenahi poskamling. Pusat kegiatan warga mengamankan lingkungannya itu telah representatif. Bangunannya permanen. Lokasinya, pas di persimpangan jalan lingkungan RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler. Namun, peralatan pendukungnya belum dilengkapi. Di antaranya, jadwal ronda, kentongan, buku mutasi, alat pemadam api ringan, pentungan, dan borgol. “Bertahap akan kami lengkapi semua,” katanya.

Santa juga berencana untuk mengecat ulang poskamlingnya dengan beberapa warna. Tujuannya, agar menarik perhatian warga dan betah untuk ronda malam.

Jalan lingkungan dengan konstruksi paving block sepanjang sekira 100 meter, lanjut Santa, juga bakal dicat. Pembangunan gapura pun masuk perencanaan penataan lingkungan. Sehingga, RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, bisa bersaing dengan kampung lain dalam LRLA 2020.

“Nanti, kita tambahkan hiasan pot tanaman di depan rumah warga,” tambah Santa.    

Rencana penataan ini akan dimulai dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Warga dan pengurus RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, akan bergotong royong pada 18 Maret 2020. Soalnya, tanggal 17 Maret 2020, bertepatan acara rajaban. “Jadi supaya kompak dan semangat, gotong royongnya setelah rajab,” ujarnya.

RT 01 RW 03, Lingkungan Buahlaler, kata Santa, dihuni oleh sekira 60 kepala keluarga. Semua warga sudah mendapat informasi tentang lomba kampung resik lan aman yang diselenggarakan Pemkot Serang bersama Radar Banten, Polda Banten, dan Korem 064 Maulana Yusuf Serang itu. “Insya Allah, LRLA bisa mengembalikan kepedulian warga pada lingkungan,” pungkasnya.

Senada disampaikan oleh Lurah Taktakan Erlinawati. Menurutnya, LRLA menjadi solusi terhadap lunturnya semangat gotong royong warga. “Sekarang mah susah ngajak warga gotong royong. Semoga, ini (LRLA-red) jadi awal kembalinya semangat kebersamaan warga,” ujarnya. (mg06/don)