Luarang Menuju Kampung Percontohan

0
281 views

GUNUNGSARI – Penataan lingkungan semakin gencar dilakukan warga RW 02, Kampung Luarang, Desa Sukalaba, Kecamatan Gunungsari. Semangat warga yang ingin menjadikan kampungnya sebagai kampung percontohan.

Kerja bakti warga dan pemuda kampung ini disaksikan Radar Banten pada Selasa (22/9). Udara panas dan terik sinar matahari tidak menyurutkan niat mereka. Kerja bakti dipusatkan di tiga lokasi. Di pos ronda, lahan kosong di belakang kampung, dan jalan dekat perkebunan warga.

Ketua Pemuda RW 02 Saripudin mengatakan, jumlah warga yang ikut berpartisipasi pada kegiatan gotong royong itu sekira 40 orang. ”Semua sepakat kalau ingin menjadi kampung percontohan, paling unggul dalam hal kebersihan dan keamanan,” katanya.

Apalagi, menurut Saripudin, kondisi geografis kampungnya sangat mendukung untuk diikutkan Lomba Kampung Bersih dan Aman (LKBA) Kabupaten Serang 2020. Luarang berada di dataran tinggi. Ditumbuhi banyak pohon rimbun. ”Tinggal ditata sedikit udah terasa indah,” ujarnya.

Saripudin berencana akan membuat ruang terbuka hijau (RTH) di lahan kososng belakang kampung, memagari jalan kamung, serta menghijaukan kampung dengan tanaman sayur dan bunga.

”Tahap pertama, kita bersih-bersih dan pasang pagar dulu,” ungkapnya.

Ia optimistis, Luarang bakal mendapat hasil maksimal pada LKBA 2020. Partisipasi warganya juga menjadi modal.

”Nanti kita buat daftar nama warga yang nyumbang dana dan persyaratan administrasi lainnya,” tegas Saripudin.

Sementara itu, Ketua RW 02 Madnusi mengaku bangga dan ikut termotivasi oleh kekompakan warganya. Siang dan malam, warga berbenah agar kampungnya menjadi bersih, indah, dan aman. ”Semoga kita dapat juara,” harapnya. (mg06/don)