Lukisan 3-D di Jalanan Bengkeng Umbul

0
792 views

CURUG – Konsep penataan lingkungan telah disepekati pengurus dan warga Lingkungan Bengkeng Umbul, RT 01 RW 04, Kelurahan Curug, Kecamatan Curug. Mereka akan mentitikberatkan pada hiasan di jalan gang. Lukisan tiga dimensi (3-D) bakal menghiasi permukiman ini saat penilaian Lomba Resik Lan Aman (LRLA) Kota Serang 2020 berlangsung.

Jalan berkonstruksi paving block sepanjang 300 meter telah dipilih untuk mengaplikasikan kreativitas warga Bengkeng Umbul. Menurut Ketua RW 04, Lingkungan Bengkeng Umbul, Rasiman, warga akan menorehkan lukisan 3-D pada Minggu (22/3).

Warga Bengkeng Umbul, lanjut Rasiman, juga akan melakukan pemagaran di pinggir jalan menggunakan bambu. “Insya Allah, konsepnya kita buat gambar tiga dimesi dan pemagaran,” ungkapnya kepada Radar Banten, Selasa (17/3).

Untuk menghemat anggaran, bambu yang akan digunakan untuk memagari jalan, dibeli dari kebun warga. Harganya jauh lebih murah dibandingkan beli di toko material bangunan. Sementara, pengecatan bambu dan pembuatan lukisan 3-D diserahkan kepada pamuda Bengkeng Umbul. “Memanfaatkan sumber daya yang ada,” kata Rasiman.

Bengkeng Umbul dihuni oleh 150 jiwa dari 50 kepala kelurgaa. Sebagaian besar warganya berprofesi sebagai buruh. Oleh karena itu, kegiatan gotong royong dilaksanakan setiap hari Minggu. “Kalau Jumat, biasanya ibu-ibu yang gotong royong beresin kampung,” jelas Rasiman.

Sistem keamanan lingkungan (siskamling) di Bengkeng Umbul, lanjutnya, akan diaktifkan kembali. Warga pun sepakat untuk mengecat poskamling dan melengkapi peralatannya. Saat ini, poskamling di perkampungan ini hanya dilengkapi kentongan.

“Tapi, setiap malam mah ada aja yang jaga (ronda-red). Biasanya anak muda sambil main game,” tutur Rasiman.

Lurah Curug Suadah menjelaskan alasannya memilih Bengkeng Umbul untuk ikut mewakili Kelurahan Curug pada LRLA Kota 2020. Yakni, karena warganya masih kompak dan bersedia menata lingkungan. “Kalau pak RT dan RW-nya siap, warganya juga pasti siap,” katanya.

Suadah berharap, dengan keikutsertaan Bengkeng Umbul pada LRLA 2020, mampu membuat lingkungan tersebut menjadi rapi, berwarna, dan lebih hijau. “Semoga, semangat warganya untuk memperindah lingkungan semakin besar,” harapnya. (mg06/don)