Mabuk, Residivis Curi Motor di MoS

0
425 views
Rian dibalik jeruji sel Mapolsek Cipocokjaya, kemarin (15/12). Pemuda penuh tato ini residivis yang kembali berurusan dengan polisi.

SERANG – Dua kali merasakan sel penjara tidak membuat Rian (24) jera. Residivis kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ini kembali berulah, tetapi apes. Dia kepergok ketika berusaha mencuri sepeda motor di halaman parkir Mall of Serang (MOS) di Kelurahan Penancangan, Kota Serang, Rabu (14/12) sore.

Kasus ini bermula ketika Rian tiba di Terminal Pakupatan, Kota Serang, sekira pukul 12.00 WIB. Dia turun dari bus setelah dari Kota Bogor, Jawa Barat, untuk mencari kerja. Rian tidak langsung pulang ke rumahnya di Kabupaten Pandeglang. Dia memilih nongkrong di terminal.

Tak lama, Rizki Sugara (41) datang menghampiri. Rizki Sugara dan Rian berkenalan. Rizki Sugara yang seorang pedagang buah salak lalu menawarkan minuman keras (miras) oplosan alias kecut. Mereka langsung terlihat akrab. Keduanya asyik menenggak miras. Entah, sudah berapa banyak miras yang mereka tenggak. Mereka mabuk.

Rizki Sugara lalu bercerita kalau mempunyai permasalahan dengan sekelompok orang. Rian langsung bereaksi. “Pinjam obeng di warung, di terminal, buat jaga-jaga. Dia (Rizki Sugara-red), katanya, ribut sama enam orang,” kata Rian di Mapolsek Cipocok, Kamis (15/12).

Rian dan Rizki Sugara kemudian meninggalkan Terminal Pakupatan dengan menumpang sebuah angkot. Kendati berbekal obeng, keduanya tetap berusaha menghindari keributan dengan orang-orang yang disebut bermasalah dengan Rizki Sugara.

Refreshing, jalan-jalan. Berhenti di depan MOS. Saya urutin lehernya (Rizki Sugaraa-red) karena muntah-muntah,” kata Rian.

Alkohol memengaruhi otak Rian. Niat jahat residivis itu untuk mencuri sepeda motor muncul. Dia lalu mengajak Rizki Sugara berjalan menuju area parkir MOS. Rizki Sugara ditinggalkan di area parkir mobil.

Dengan obeng pinjaman, Rian berusaha membobol kunci Yamaha Jupiter X bernomor polisi A 2097 BO di area parkir sepeda motor. “Pelaku (Rian-red) mencoba mengambil kendaran Jupiter milik karyawan MOS,” jelas Kanitreskrim Polsek Cipocok Ajun Komisaris Polisi (AKP) Nasser Embing.

Gerak-gerik Rian ketika mengotak-atik lobang kunci kontak sepeda motor diketahui oleh petugas parkir. Ketika didekati petugas parkir, Rian kabur menuju jalan pintu Tol Serang Timur dengan melompati pagar pembatas jalan tol setinggi sekira dua meter.

“Petugas parkir menginformasikan ke anggota Polsek Cipocok. Saat sadar dipergoki, pelaku mencoba kabur,” kata Nasser Embing.

Namun, usaha Rian sia-sia. Lelaki yang baru dua bulan lalu bebas dari Lapas Serang itu diringkus polisi. “Saat ditanya, pelaku mengaku tidak sendiri. Dia bersama satu orang temannya yang menunggu di halaman parkir mobil,” kata Nasser Embing.

Kicauan Rian membuat Rizki Sugara ditangkap polisi di halaman parkir MOS. Keduanya lalu dibawa ke Mapolsek Cipocokjaya. “Sekarang (kemarin-red), masih diperiksa intensif. Pengakuannya (Rian-red), baru satu kali melakukan setelah bebas (dari Lapas Serang-red),” pungkas Nasser Embing. (Merwanda/Radar Banten)