Mad Romli Buka Pembahasan KUA dan PPAS

0
676 views

TANGERANG – Wakil Bupati Tangerang H Mad Romli membuka pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUA) dan Perubahan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2020 di Pendopo Bupati Tangerang Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, Selasa (25/8/20/20).

Penyusunan KUA dan PPAS merupakan bagian dari siklus pengelolaan keuangan daerah sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah serta Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

Kata Romli, dalam pelaksanaan APBD Tahun 2020 terjadi hal yang sangat luar biasa bagi seluruh pemda, provinsi, dan pemerintah pusat yaitu pandemi Covid-19 yang berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, dan pertumbuhan PDRB. Selain itu, kata Romli, tingginya pengangguran dan kemiskinan sehingga dalam penanganannya dilakukan refocussing, realokasi, dan rasionalisasi anggaran dengan melakukan perubahan penjabaran APBD sesuai dengan ketentuan peraturan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

“Pemerintah daerah bersama DPRD perlu melakukan evaluasi dan penyesuaian APBD untuk periode tahun anggaran yang tersisa agar pelaksanaan anggaran dapat berjalaan dengan efektif dan efisien” ucapnya

Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Kholid Ismail mengatakan, pembahasan ini dilaksanakan bersama organisasi perangkat daerah (OPD) terkait selama empat hari mulai Selasa (25/8) hingga Sabtu (29/8). “Semoga pembahasan ini berjalan lancar dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Tangerang yang semakin gemilang,” harapnya.

Sementara itu, tujuan KUA dan Perubahan PPAS adalah memberikan arah dan kebijakan pembangunan yang berkesinambungan dalam pencapaian target RPJMD, memberikan arah dalam mewujudkan visi dan misi pembangunan daerah. Lalu, memberikan gambaran perubahan asumsi yang berkembang saat ini dibandingkan dengan KUA Tahun Anggaran 2020, dan memberikan acuan dalam penyusunan PPAS Perubahan APBD Tahun Anggaran 2020. (alt)